Analisis Bedah Soal SNMPTN 2012 TPA Kemampuan Penalaran Deduktif (Penarikan Kesimpulan)

Diposkan oleh suhend ra on Kamis, 31 Mei 2012

Seperti telah adik-adik ketahui bahwa bagian Tes Potensi Akademik (TPA) di SNMPTN juga menyumbang persentase nilai yang lumayan besar. Dan biasanya nilai terbesar yang disumbangkan paling mudah dapat kita mampukan di soal-soal TPA. Mengingat kesulitan soal TPA relatif mudah bila kita sudah menguasai teknik mengerjakan soal SNMPTN yang benar dan tepat, plus dengan cepat!

Nah, atas dasar tersebut blog berbagi dan study akan kembali mengulas analisis bedah soal SNMPTN untuk materi TPA khusus di kemampuan penalaran deduktif atau penarikan kesimpulan. Penarikan kesimpulan ini sudah adik-adik pelajari khususnya di pelajaran Matematika kelas X di materi Logika Matematika. Untuk penarikan kesimpulan selain modus ponens, modus tollens, dan silogisme, ternyata pola penarikan kesimpulan masih luas lagi. Nah, jika adik-adik ingin melihat bagaimana teknik menyelesaikan soal penalaran deduktif atau penarikan kesimpulan, dapat adik-adik lihat di tautan berikut.

SMART SOLUTION TPA Kemampuan Penalaran Deduktif (Penarikan Kesimpulan)

Nah, berikut ini kumpulan soal matematika akan membagikan file analisis bedah soal SNMPTN 2012 untuk materi TPA Kemampuan Deduktif (Penarikan Kesimpulan). Dari hasil pengamatan di soal SNMPTN tiga tahun terakhir, dimampukan kesimpulan bahwa tipe soal di tahun 2009 sangat menyebar, artinya pola penarikan kesimpulan soal tiap soal dapat berbeda satu sama lain. Namun, untuk tahun 2010 dan 2011 ternyata terdapat yang unik yaitu tipe soal TPA penarikan kesimpulan cenderung mengelompok di beberapa pola penarikan kesimpulan saja.

Distribusi topik soal TPA Penalaran Deduktif (Penarikan Kesimpulan) tiga tahun terakhir yaitu SNMPTN 2009, SNMPTN 2010, dan SNMPTN 2011 dapat dilihat di tabel di bawah ini:

Ruang Lingkup

Topik/Materi

SNMPTN 2009

SNMPTN 2010

SNMPTN 2011

SNMPTN 2012

Silogisme

Silogisme Kategorik Tipe 1

1

3

Silogisme Kategorik Tipe 2

1

Silogisme Kategorik Tipe 3

2

1

5

Silogisme Kategorik Tipe 4

1

3

5

Silogisme Hipotesis

1

2

Silogisme Hipotesis Bentuk Khusus

1

Konjungsi

Konjungsi

5

1

Konjungsi Negatif Ganda

1

Konjungsi Komposisi

1

Konjungsi Bentuk Khusus

1

Disjungsi

Disjungsi

1

Proposisi

Proposisi Universal Negatif Eksklusif

1

Proposisi Partikular Afirmatif Inklusif

1

Kondisi Khusus

Membandingkan Kualitas Dua Benda

1

2

1

Membandingkan Dua Kondisi

1

Menentukan Daerah Penyelesaian

1

Kriteria

1

JUMLAH SOAL

15

15

15

15



Untuk melihat bagaimana tipe soal dan pola soal SNMPTN yang pernah keluar silahkan download di tautan berikut ini:

Analisis Bedah Soal SNMPTN 2012 TPA Kemampuan Penalaran Deduktif (Penarikan Kesimpulan)

Untuk melihat tampilannya file Analisis Bedah Soal SNMPTN 2012 TPA Kemampuan Penalaran Deduktif (Penarikan Kesimpulan) silahkan lihat di frame di bawah:



Untuk pembahasan soal SNMPTN dan SMART SOLUTION SNMPTN yang lain silahkan dilihat di bagian kanan dari blog ini.... Blog ini juga menyediakan TRIK SUPERKILAT dan SMART SOLUTION untuk menghterdapatpi SNMPTN. Jadi selalu kunjungi untuk update terbarunya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar