Membuat Kaca Pembesar Sederhana

Diposkan oleh suhend ra on Kamis, 14 Februari 2013

Asalamu'alaikum, halo apa kabar teman teman sdindawan dan sdindawati ? pada kali ini kita akan membahas seputar ilmu pengetahuan yaitu tentang percobaan sederhana, jika pada artikel sebelumnya sudah ditulis mengenai percobaan tentang garam yang menarik air dan percobaan sederhana tentang sabun menarik minyak maka pada kali ini kita akan belajar tentang bagaimana cara membuat kaca pembesar sederhana dari barang barang yang ada di dekat dengan lingkungan kita.

Apakah kalian tahu gunanya kaca pembesar ? kaca pembesar atau sering disebut dengan lup ini berfungsi untuk melihat benda benda yang berukuran kecil. Lup ini biasanya digunakan oleh tukang arloji atau jam tangan untuk membantu melihat komponen komponen jam yang ukurannya kecil.

Nah jika begitu bagaimana cara membuat kaca pembesar sederhana tersebut ? untuk menjawabnya mari kita ikuti langkah langkah yang hebat dibawah ini :

pertama alat dan bahan yang digunakan yaitu 
1. lampu bohlam bekas
2. obeng
3. air
4. kantong plastik
5 karet gelang untuk mengikat

adapun langkah percobaannya, mari kita simak dengan seksama 

1. buatlah lubang pada lampu bohlam pada bagian yang hitam di ujung bohlam dan keluarkan isinya dengan menggunakan obeng yang sudah disiapkan, hati hati jangan sampai kaca lampu pecah dan obeng meleset meleset.
2. isilah bohlam itu dengan air bening. Kemudian, tutup ujungnya dengan plastik dan ikat dengan karet gelang.

kemudian setelah hal diatas telah dilukan jangan lupa rapikan dahulu bekas membuat benda tadi dari mulai obeng, pecahan dalaman lampu, dan lain sebagainya.

nah sekarang saatnya kita uji coba hasil pembuatan percobaan sederhana membuat kaca pembesar atau lup dengan barang barang yang ada sekita kita. letakan selembar kertas yang berisi tulisan, kemudian dekatkan bohlam yang berisi air tadi di atas kertas dan jangan terlalu dekat ambil posisi dimana huruf terlihat dengan jelas, apa yang terjadi ? ternyata huruf huruf tersebut menjadi lebih besar. Nah sekarang siapa yang bisa menjelaskan bagaimana bisa terjadi seperti demikian ?

Jawabannya adalah ketika bohlam yang berisi air digunakan untuk melihat huruf atau benda kecil lainnya maka huruf atau benda kecil tersebut tampak menjadi lebih besar. hal ini disebabkan terjadinya pembiasan cahaya karena melalui dua medium yang berbeda. Pada saat bohlam berisi air didekatkan maka cahaya mengalami pembiasan sehingga sudut pandang mata bertambah besar.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar