Berikut ini adalah kisi-kisi Soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional) Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Semua mata pelajaran yang di UAMBN-kan telah diterbitkan oleh Dirjen pendis Kisi-kisi soalnya melalui Keputusan Dirjen pendis No. 21 tahun 2013.
Untuk mendowload Keputusan Dirjen pendis No. 21 tahun 2013 Tentang Ketentuan Pelaksanaan UAMBN Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Tingkat MI, MTsN, Dan MA Tahun 2013 dapat di dowload melalui Link dibawah ini :
Sedangkan untuk Kisi-kisi soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MI/Mts dan MA sebagai berikut:
A. KISI-KISI SKI UAMBN MADRASAH IBTIDAIYAH
No | Standar Kompetensi Lulusan | Indikator |
1 | Mengenal, mengidentifikasi, meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah Arab pra- Islam. | · Menentukan kebiasaan masyarakat Arab pra Islam. · Menentukan kepercayaan masyarakat Arab pra Islam. |
2 | Mengenal, mengidentifikasi, meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah Rasulullah SAW | · Menentukan kejadian luar biasa yang mengiringi kelahiran Nabi Muhammad SAW. · Menentukan gelar Nabi Muhammad SAW pada peristiwa peletakan hajar Aswad. · Menentukan usia Nabi Muhammad SAW ketika menikah. · Menentukan masa Nabi Muhammad SAW menerima wahyu. · Menentukan salah satu sebutan bagi para sahabat Nabi Muhammad SAW · Menyebutkan golongan perempuan yang pertama kali masuk Islam. · Menyebutkan tempat yang digunakan Nabi Muhammad SAW untuk melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi. · Menentukan dasar perintah berda’wah. · Menyebutkan nama paman Nabi Muhammad SAW yang menentang da’wah Nabi Muhammad SAW. · Mengidentifikasi sifat yang wajib dimiliki oleh para Nabi dan Rasul, · Menentukan pengertian Isra’ atau Mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW. · Menyebutkan hikmah peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW. · Menyebutkansahabat yang mengikuti hijrah Nabi Muhammad SAW ke Habsy. · Menyebutkan hikmah peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah. · Menyebutkan nama sahabat yang menemani Nabi Muhammad SAW ketika hijrah ke Madinah · Menyebutkan nama tempat persembunyian Nabi Muhammad SAW dari kejaran kaum kafir quraisy. · Menyebutkan upaya pertama yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ketika sampai di Madinah. · Menyebutkan cara Nabi Muhammad SAW dalam membina kerukunan masyarakat Madinah. · Menentukan peraturan yang berisi tentang prinsip-prinsip persamaan, persaudaraan, dan perdamaian di Madinah. · Menentukan keadaan sosial kota Madinah sebelum Islam. · Menentukan fungsi lembaga/bangunan yang dibentuk oleh Nabi Muhammad SAW di Madinah · Menjelaskan terjadinya perang yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW. · Menjelaskan peristiwa Fathu Makkah · Menentukan sahabat Nabi Muhammad SAW yang gugur pada peristiwa fathu Makkah. · Menentukan wahyu yang turun saat akhir kenabian Nabi Muhammad SAW. · Menentukan waktu wafatnya Nabi Muhammad SAW. |
3 | Mengenal, mengidentifikasi, meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah khulafaurrasyidin |
|
4 | Mengenal, mengidentifikasi, meneladani, dan mengambil ibrah dari perjuangan tokoh-tokoh agama Islam di daerah masing-masing. |
|
B. Kisi-Kisi SKI UAMBN Madrasah Tsanawiyah (MTs)
No | Standar Kompetensi Lulusan | Indikator |
1 | Memahami sejarah kebudayaan Islam. | · Menjelaskan pengertian sejarah kebudayaan Islam · Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam |
2 | Memahami Sejarah Nabi Muhammad SAW Periode Mekah. | · Menjelaskan kondisi masyarakat Arab Pra Islam. · Menjelaskan misi dakwah nabi Muhammad SAW Periode Mekah. |
3 | Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW Periode Madinah. | · Mendeskripsikan misi dakwah nabi Muhammad SAW Periode Madinah. |
4 | Memahami sejarah perkembangan Islam Pada Masa Khulafaurasyidin. | · Mengidentifikasi berbagai prestasi yang dicapaioleh Khulafaurrasyidin. |
5 | Memahami Perkembangan Islam Pada Masa Bani Umayyah. | · Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti Umayyah. · Mengidentifikasi nama-nama lembaga pemerintahan padamasa DinastiUmayyah. · Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim pada masa Dinasti Umayyah. · Mengidentifikasi khalifah yang mengantarkan · DinastiUmayyah mencapa imasa kejayaan. · |
6 | Memahami perkembangan Islam pada masa Dinasti Abasiyah | · Menceritakan proses berdirinya Dinasti Abasiyah. · Mengidentifikasi tokoh-tokoh pendiri Dinasti Abasiyah. · Mendeskripsikan berbagai kemajuan-kemajuan kebudayaanIslam pada masa Dinasti Abasiyah · Mengidentifikasitokoh ilmuwan muslim bidang filsafat padamasaDinasti Abbasiyah. · Mengidentifikasitokoh-tokoh ilmukedokteran padamasa Dinasti Abasiyah. · Mengidentifikasitokoh ilmufiqihpada masaDinastiAbasiyah · Mengidentifikasi tokoh ilmu tafsir pada masa Dinasti Abasiyah. |
7 | Memahami perkembangan Islam Pada Masa Dinasti Ayyubiyah. | · Menceritakan biografi singkat pendiri Dinasti Ayyubiyah. · Menjelaskan sejarah berdirinya Dinasti al- al-Ayyubiyah · Mengidentifikasi prestasi Salahudinal-Ayyubi bagi perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah · Menyebutkan salah satu usaha yang telah dilakukan oleh Salahudin al-Ayyubi pada masa Dinasti Al Ayyubiyah · Menyebutkan salah satu tokoh ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah |
8 | Memahami dan mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan Islam pada Masa Dinasti Ayyubiyah untuk Masa Kini dan yang akan datang. | · Menjelaskan keterkaitan cara Shalahuddin al-Ayyubi dalam membentengi umat Islam dari Kristenisasi. · Menjelaskanibrah dari perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah. · |
10 | Memahami Perkembangan Islam di Indonesia | · Menyebutkan bukti-bukti yang mendukung teori masuknya Islam ke Indonesia. · Menyebutkan cara-cara masuknya Islamke Indonesia. · Menyebutkan penyebab berkembangnya Islam di Indonesia. |
11 | Memahami Tokoh-tokoh terkenal dalam menyebarkan Islam di Indonesia | · Menjelaskanperan tokoh Abdul Rauf Singkel · Menyebutkantokoh-tokohWalisongo · Menyebutkan karya yang terkenal dari tokoh-tokoh yang menyebarkan Islam di Indonesia. · Meneladani perilaku yang baik dari tokoh Abdul Rauf Singkel. · Meneladani dan mengikuti sifatparaWalisongo. · Meneladani sikap dari tokoh Muhammad Arsyad al- Banjari. |
12 | Memahami tradisi dan adat di Indonesia. | · Menjelaskan pengertian tradisi Nusantara · Menyebutkan contoh-contoh keseniandan adat Nusantara · |
13 | Memahami bentuk dan apresiasi antara Tradisi dan upacara Adat di Nusantara. | · Menjelaskan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisiIslam · Menunjukkan contoh seni budaya lokal sebagai bagiandaritradisiIslam · Menunjukkan bentuk apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuanNusantara · Menjelaskan keterkaitan budaya lokaldengan tradisiIslamdi Indonesia · Menunjukkan contoh kesesuaian antara tradisi dan adat yang bercorak Islam. · Menyebutkan contoh tadisi Islam yang berkembang di Indonesia. · Menyebutkan salah satu contoh tradisi Islam di Indonesia. |
C. Kisi-Kisi SKI UAMBN MA (MA Program IPA/IPS/BAHASA)
No | Standar Kompetensi Lulusan | Indikator |
1 | Memahami dan mengambil ibrah sejarah dakwah Nabi Muhammad pada periode Makkah dan Madinah, masalah kepemimpinan umat setelah Rasulullah SAW wafat | · Menentukan sejarah dakwah RasullulahSAW pada periode Mekah · Menentukan usaha-usaha Rasullulah SAW dalam mengembangkan dakwah pada periode Mekah · Menentukan orang-orang yang pertama kali masuk Islam · Menentukan kerabat Nabi SAW yang melindungi dakwahnya · Menyebutkan tantangan dan hambatan yang dihadapi Rasullulah dalam berdakwah pada periode Mekah · Menentukansejarah hijrahnya Rasullulah SAW ke Madinah · Menentukan strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah · Menentukan peperangan yang dialami Rasulullah SAW di Madinah |
2 | Memahami dan mengambil ibrah masalah kepemimpinan umat setelah Rasulullah SAW wafat | · Menentukan proses pemilihan kepemimpinan pasca Rasulullah SAW · Menentukan usaha-usaha Khulafaurrasydin dalam dakwah · Menentukan sistem pemerintahan Khulafaurrasyidin · Menentukan peperangan pada masa Khulafaurrasyidin |
3 | Memahami dan mengambil ibrah perkembangan Islam pada periode klasik | · Menentukan sistem pemerintahan Bani Umayah · Menentukan sejarah berdirinya Bani Umayah · Menentukan departemen-departemen yang dibentuk pada masa Bani Umayah · Mennenkan perkembangan ilmu-ilmu Agama pada masa Bani Umayah · Menentukan gelar/ sebutan para Kholifah Daulah Abbasiyah · Menentukan Khalifah-Khalifah yang berjasa pada masa Bani Umayah · Menentukan hasil karya Ulama'-ulama' muslim pada masa Daulah Abbasiyah · Menentukan peninggalan-peninggalan Daulah Abbasiyah · Menentukan kemunduran Daulah Abbasiyah · Menentukan ibrah/ teladan dari para ulama' · Menentuakan sebab-sebab kemunduran Islam pada masa bani Abbasiyah · Menentukan keteladanan/ ibrah dari para tokoh pada masa Daulah Abbasiyah |
4 | Memahami dan mengambil ibrah Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan /zaman kemunduran (1250 M – 1800 M) | · Menentuakan sejarah perkembangan Islam pada masa pertengahan · Menentukan tokoh-tokoh pembaharu Mesir pada masa kebangkitan · Menentukan usaha-usaha para tokoh pembaharu muslim · Menentukan dua faktor munculnya pembaharuan Islam · Imperialisme Barat terhadap dunia Islam · Menentukan wilayah Islam yang runtuh akibat penjajahan Barat · Menentukan usaha Barat dalam menjajah dunia Islam |
5 | Memahami dan mengambil ibrah Perkembangan Islam di dunia dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di Indonesia | · Menentukan cara-cara masuknya Islam di Indonesia · Menentukan Kerajaan-kerajaan Islam awal di Sumatera · Menentukan walisongo yang berdakwah dengan kesenian · Menentukan nama/ gelar para Walisongo · Menentukan hasil karya Walisongo · Menentukan munculnya Organisasi Islam Awal di Indonesia · Menentukan Lembaga-lembaga Islam Modern |
6 | Memahami dan mengambil ibrah Perkembangan Islam di dunia dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di dunia | · Menentukan perkembangan Islam di Eropa · Menentukan perkembangan Islam di Asia Tenggara · Menentukan ibrah dari perkembangan Islam di dunia |
Untuk mendapat Kisi-Kisi Soal Al-Qur’an-Hadis, Kisi-kisi Soal Aqidah Akhlak, Kisi-kisi Soal Bahasa Arab, Kisi-kisi soal Fiqih, Kisi-kisi Soal Sejarah Kebudayaan Islam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) MI, MTs dan MA Tahun Pelajaran 2012/2013 secara lengkap dapat di download dengan cara MENGKLIK LINK DIBAWAH INI:
Untuk siswa Sekolah dasar dapat juga mendowload kisi-kisi USBN Pendidikan Agama Islam Melalui Link Dibawah INI :
Baca Juga Artikel Pendidikan Lainnya :
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar