8 Makanan Pendongkrak Sistem Imun Tubuh

Diposting oleh Unknown on Jumat, 04 Mei 2012



Cuaca yang sulit diprediksi, memudahkan kondisi tubuh menjadi turun. Akibatnya, berbagai jenis penyakit menginfeksi tubuh. Bila sudah begini, salah satu cara mudah dan murah adalah melalui cara alami, seperti mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Dilansir melalui Boldsky, Senin (2/4), ada 8 jenis makanan yang baik Anda konsumsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

1. Bawang putih
Bawang putih membantu sistem imun melawan infeksi bakteri, jamur dan virus lebih baik. Bawang puith mengandung senyawa, seperti allicin, ajoene dan thiosulfinates yang membantu dalam memerangi infeksi. Tambahkan sedikit bawang putih ke dalam mangkuk sup Anda saat Anda mulai merasakan gejala awal flu. Ini akan membantu Anda cepat pulih.

2. Barley
Makanan biji-bijian, seperti gandum, oat, beras merah dan barley mengandung beta-glukan, sejenis serat yang mengandung antioksidan tinggi. Beta glukan memiliki sifat antimikroba dan antioksidan. Serat ini tak hanya membantu menjaga kadar kolesterol namun juga membantu tubuh menangkal virus influenza, herpes bahkan infeksi saluran kemih bagi wanita. 

3. Kecambah
Kecambah, tauge atau kacang hijau mengandung sulforaphane, si agen anti kanker. Mengonsumsi kecambah rutin juga menjadi cara yang baik untuk menurunkan berat badan.

4. Yogurt
Makanan seperti yogurt, buttermilk, sour cream dan susu mengandung organisme probiotik. Probiotik suplemen merupakan bakteri baik dalam tubuh. Tak hanya sekedar membantu menyerap nutrisi penting, namun probiotik juga meningkatkan kekebalan dan mencegah alergi. Konsumsi secangkir yogurt atau segelas buttermilk dalam diet Anda sehari-hari untuk sistem pencernaan sehat dan mencegah masalah lambung.

5. Asam lemak omega 3
Makanan yang kaya asam lemak omega 3, seperti ikan sarden, salmon, kenari dan biji rami membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan aliran udara. Hal ini akan melindungi paru-paru Anda terhadap flu dan infleksi pernapasan. Konsumsi dua porsi minyak ikan setiap minggu.

6. Vitamin C
Makanan kaya vitamin C, seperti jeruk, lemon dan gooseberi diketahui sangat bermanfaat. Buah-buahan ini juga meningkatkan produksi sel darah putih yang membantu memerangi infeksi. Selain itu, buah-buahan ini juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan terkenal mencegah kanker usus besar, prostat dan payudara.

7. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan makanan yang tinggi kandungan sengnya dan berguna membantu melepaskan antibodi tubuh yang melawan infeksi dan kanker. 

8. Wortel
Wortel menjadi sumber beta karoten terbaik. Wortel mengandung nutrisi yang kuat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan membantu tubuh memproduksi sel T yang dapat membunuh penyakit-penyakit mikroba. Wortel juga mengandung falcarinol, si agen anti kanker. 

via ghiboo

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar