Data dan Fakta Liverpool vs Chelsea

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 05 Mei 2012


Rivalitas dua tim elit Liga Primer Inggris, Liverpool dengan Chelsea bakal tersaji pada partai final Piala FA yang digelar di Stadion Wembley, malam ini, Sabtu (5/5). Dalam satu dekade terakhir, kedua kubu terlibat bentrok di berbagai ajang, dari Liga Primer hingga gelanggang Liga Champions.

Dari pertemuan itu, banyak fakta dan data menarik yang berhasil kami rangkum.

1. Rivalitas kedua tim sudah berlangsung selama 105 tahun. Dari total 162 pertemuan, Liverpool berjaya dengan menulang kemenangan 73 kali, sementara Chelsea mengumpulkan 56 dan sisanya berakhir remis alias imbang.

2. Laga nanti adalah pertemuan kedua bagi Liverpool dan Chelsea di partai puncak Piala FA, namun menjadi laga kesepuluh di kompetisi tertua di dunia itu. Rekor sembilan pertemuan sebelumnya yakni; Chelsea menang lima kali, dan sisanya milik Liverpool.

3. Laga nanti adalah final Piala FA ke-11 bagi Chelsea, sementara Liverpool mencicipi final ke-14.

4. The Reds sedang mengincar lima kemenangan beruntun dari the Blues, sekaligus kemenangan ketiga di musim ini.
Sebelumnya 'si Biru' dipecundangi 'si Merah' di Stamford Bridge musim ini. Pertama di ajang Liga Primer Inggris dengan skor 2-1, dan putaran kelima Piala Carling dengan skor 2-0.

5. Jika menang, Chelsea menjaga asa menjadi klub kedua Liga Primer Inggris yang mampu mengawinkan gelar Piala FA dan Liga Champions, setelah Manchester United pada 1999 silam.

6. Chelsea mengejar trofi Piala FA keempat dalam enam musim terakhir, sekaligus yang ketujuh sepanjang sejarah. Sementara Liverpool mengejar koleksi trofi Piala FA yang kedelapan.

7. Kenny Dalglish mengejar trofi Piala FA ketiganya sebagai pelatih Liverpool. Sebelumnya pelatih berjuluk King Kenny itu sukses merebut gelar tersebut bersama Liverpool pada musim 1986 dan 1989.

8. Jika berhasil menjuarai Piala FA, Liverpool mengikuti jejak Arsenal, Chelsea, dan MU yang berhasil meraih dua gelar piala domestik dalam musim satu musim.

9. Caretaker Chelsea, Roberto di Matteo, sudah pernah mengangkat trofi Piala FA, ketika masih menjadi pemain the Blues pada 1997 dan 2000.

via republika

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar