Bab 5 D. Menulis

Diposting oleh Unknown on Rabu, 24 Oktober 2012

      Membuat puisi dapat diperoleh dari mana saja. Salah satunya dari membaca dongeng. Banyak pelajaran atau pesan dari dongeng. Kamu bisa ungkapkan menjadi puisi.
     Sebelumnya kamu telah berlatih membuat puisi. Sekarang kamu akan menulis puisi. Kegiatan ini akan melatihmu.

Aku Siap Jawab
Lengkapilah puisi berikut berdasarkan gambar.
Guruku
Guruku
Sungguh besar jasamu
Aku diajari kata-kata sopan
Aku diberi ilmu pengetahuan

Guruku
Engkau menasihatiku untuk selalu
Dan _________

Guruku
Engkau menjadikan aku anak _________
Aku tidak akan pernah melupakan jasamu
Guruku

Kegiatanmu
Perhatikan gambar di kelasmu. Buatlah puisi berdasarkan gambar tersebut. Bacakan di depan kelas. Apakah hasilnya sama dengan temanmu.

Coba Kamu Ingat
1. Kamu belajar mendengarkan penjelasan. Simaklah dengan baik. Catat hal yang perlu diketahui. Sehingga kamu dapat melakukan penjelasan itu.
2. Kamu harus dapat memberikan tanggapan. Begitu juga saran dari suatu pekerjaan. Gunakan kalimat secara berurut. Dan pilihlah kata yang tepat.
3. Kamu telah belajar membaca dongeng. Pahami isi dongengnya sehingga kamu dapat menceritakan kembali.
4. Simaklah dengan baik setiap gambar. Agar kamu dapat menulis puisi.

Cermin Diri
Kamu telah belajar melakukan berdasarkan penjelasan. Memberikan tanggapan. Membaca dongeng. Dan menulis puisi. Agar kamu semakin pandai. Lakukanlah dalam kehidupan sehari-hari.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar