Bab 6 D. Menulis

Diposting oleh Unknown on Rabu, 24 Oktober 2012

    Selain membaca kamu harus mampu menulis. Kamu tentu sudah pandai menulis. Agar menjadi mahir. Rajinlah mengungkapkan semua ke dalam bentuk tulisan. Maka kamu akan mahir menulis.
     Pernahkah kamu membuat karangan. Bagaimana jika topiknya sudah ditentukan. Misalnya topik cerita karangannya adalah bermain. Kamu dapat membuat karangan yang berbeda-beda.

Perhatikan penulisan karangan berikut. Topik karangan adalah bermain di sawah.

Bermain di Sawah

Bermain di Sawah
      Liburan ini aku diajak ibu berlibur. Kami akan ke rumah nenek di desa. Aku senang sekali. Rumah nenek berada di tengah-tengah sawah. 
Bermain di SawahPekarangan rumah nenek luas. Di depan rumah ada taman. Di sana tumbuh berbagai tanaman. Di samping rumah ada kolam ikan. Di belakangnya ada kebun yang diberi pagar. Di samping pagar itulah terdapat sawah. Di situ aku biasa bermain. Bersama teman-temanku di desa.




Bermain di Sawah
      Aku sudah sampai di rumah nenek. Aku langsung menengok kebun belakang. Aku segera memanggil teman-teman. Mereka langsung datang. Aku mengajak mereka bermain di sawah. Ku lihat mereka tampak senang.
............................................................................................

Aku Siap Jawab
Sekarang ayo jawab.
1.   Bagaimana cara agar mahir menulis.
2.   Ke mana ibu mengajak berlibur.
3.   Di mana letak sawah tempat aku bermain.
4.   Apa yang dilakukan sesampainya di rumah nenek.

Kegiatanmu
Buatlah sebuah karangan berdasarkan gambar berikut ini.
Perayaan 17 Agustus

Coba Kamu Ingat
1. Kamu mendengarkan cerita pengalaman. Simaklah dengan baik agar kamu dapat memberikan tanggapan.
2. Hal yang harus diperhatikan saat bertelepon.
    a. Ucapkan salam sebelum dan sesudah bertelepon.
    b. Jangan tergesa-gesa dalam berbicara.
    c. Bicaralah dengan sopan dan santun.
3. Kamu harus memahami isi teks. Agar kamu dapat menjawab pertanyaan. Begitu pula mengajukan pertanyaan.
4. Kamu harus bisa menulis karangan. Gunakan kata yang baik. Kalimat yang tepat. Perhatikan penggunaan ejaan. Begitu pula huruf kapital dan tanda titik.

Cermin Diri
Ceritakan pengalaman liburanmu. Tulis dalam bentuk karangan. Gunakan kata dan kalimat yang baik.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar