E. Membaca Cerita Pengalaman

Diposting oleh Unknown on Kamis, 25 Oktober 2012

E. Membaca Cerita Pengalaman
Bacalah cerita pengalaman di bawah ini!


Menggoreng Telur
Selama ini aku tidak pernah tahu pekerjaan ibu di rumah, mencuci baju, menyapu lantai dan halaman, mengepel, serta memasak. Semua dilakukan ibu sendiri, padahal di rumahku tidak ada pembantu. Ibu juga bekerja di luar rumah sebagai guru. Ibu sering meminta bantuanku, namun perintah Ibu tidak pernah aku hiraukan. Alasanku aku sudah capek sekolah, bermain, dan banyak PR.
Waktu itu hari Senin siang. Ibu pulang dari sekolah dan aku pulang bermain dari tetangga sebelah. Aku merengek lapar minta digorengkan telur. Karena Ibu sangat sayang kepadaku, setelah melepas sepatunya, Ibu lalu bersiap meggoreng telur untuk laukku. Perutku sudah terasa sangat lapar. Dengan tidak sabar kuminta adonan telur yang dibawa Ibu. Aku ingin membantu menggorengnya cepat-cepat karena Ibu baru akan ganti baju.
Penggorengan berisi minyak sudah berada di atas kompor dan api sudah menyala. “Wah sudah mendidih minyaknya!” pikirku. Langsung saja kumasukkan adonan telurnya. Ternyata, “Aduh!” Karena terlalu cepat
memasukkan adonan, tanganku terkena percikan minyak panas dari penggorengan. Aku lari ke kamar mandi sambil mengerang kesakitan “Aduh...aduh!” Kubasuh tanganku dengan air, maksudku agar cepat dingin.
Ternyata kulit tanganku malah terasa panas sekali.
Kukira Ibu marah, ternyata dugaanku salah. Ibu menasihati agar aku harus lebih sabar dan terus belajar memasak. “Ya sudah, kamu tunggu sebentar. Ibu goreng lagi, mungkin sepuluh menit sudah matang.” Aku senang mendengarnya. “Terima kasih, Bu. Maafkan Nina.”

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
a. Bagaimanakah watak Nina awalnya?
b. Apakah pekerjaan Ibu Nina di luar rumah?
c. Bagaimana watak Ibu Nina?
d. Apakah Nina baru pertama kali menggoreng telur? Jelaskan jawabanmu!
e. Bagaimana sikap Nina setelah dinasihati Ibu? Jelaskan jawabanmu!

Kegiatan 7.4
Sama seperti Nina, kalian pasti punya pengalaman yang berkesan.

Coba ceritakan pengalaman kalian yang paling berkesan seperti Nina! Tulislah dalam buku tugasmu kemudian bacakan di depan kelas!
Berilah komentar atau tanggapan terhadap cerita pengalaman temanlain!


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar