Soal Bahasa Indonesia Kelas 3 SD - Bab 8 Yeti Nurhayati

Diposting oleh Unknown on Rabu, 24 Oktober 2012

Soal Bahasa Indonesia Kelas 3 SD

A.  Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.

1. Namaku Budi. Aku sekolah di SD Jaya kelas III. Suatu hari ada pameran IPTEK di sekolahku. Aku mencoba untuk memamerkan hasil percobaanku.
Paragraf tersebut menceritakan pengalaman ....
a. liburan
b. belajar
c. bermain

2. Pada waktu perlombaan dimulai, perasaanku senang sekali. Sampai-sampai aku merinding Menunggu giliran naik ke panggung
Peristiwa yang dialami tokoh aku adalah ...
a. Menunggu giliran 
b. Ikut perlombaan
c. Naik ke Panggung

3. Saat membacakan puisi gerak tubuh kita harus sesuai ....
a. Irama puisi
b. Suasana puisi
c. Panjang pendek puisi

4.   Pemberian tanda jeda ( / ) pada puisi diberikan untuk ....
a.   Menandai penghentian sebentar
b.   Menandai volume suara
c.   Menandai penghentian lama

5. Guru
Aku tidak akan melupakan jasamu
Hingga aku dewasa nanti
Ilmu yang engkau berikan
Berguna Untukku kelak dimasa yang akan datang.

Puisi tersebut menceritakan tentang ....
a. Jasa
b. Guru
c. Pahlawan

B.  Jawablah pertanyaan berikut dengan benar.

1. Apa saja yang harus diperhatikan dalam pembacaan puisi.
2. Pengalaman apa yang diceritakan Budi.
3. Tips apa yang harus diperhatikan dalam menyampaikan cerita.
4. Dibalik final, aku gugup, tetapi temanku mencoba menyenangkan. Giliran telah tiba. Aku mencoba bersikap tenang sampai giliranku berakhir. Alhandulillah, aku meraih juara pertama. Aku sangat senang. Semua berkat latihan dan doa dari seluruh keluarga, Bapak- Ibu guru, dan teman-temanku.
a.   Peristiwa apa yang ada pada cerita tersebut.
b.   Suasana apa yang tergambar dari cerita tersebut.
5.  Apa saja yang dapat dijadikan inspirasi. Terutama dalam membuat puisi.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar