Bab 6 B. Berbicara

Diposting oleh Unknown on Rabu, 24 Oktober 2012

     Mendengarkan pengalaman teman memang mengasikan. Kita jadi terbawa ke dalam cerita pengalaman itu. 
     Kamu tentu ingin segera menceritakan pengalamanmu. Tapi waktu di kelas hanya sedikit. Kamu dapat menceritakan pangalamanmu saat istirahat. Kamu juga dapat bercerita lewat telepon.
      Hal yang harus diperhatikan saat kamu bertelepon.
1.   Ucapkanlah salam sebelum dan sesudah bertelepon.
2.   Jangan tergesa-gesa dalam berbicara.
3.   Berbicaralah dengan sopan dan santun.

Bacalah contoh percakapan melalui telepon berikut.
Lia      : Selamat pagi. Bisa bicara dengan Dodi.
Dodi   : Pagi. Ya saya sendiri.
Lia      : Ini aku Lia. Besok hari libur. Aku dan teman-teman mau pergi ke toko buku. Kamu mau ikut.
Dodi   : Siapa saja yang ikut.
Lia      : Ada Haris dan Sari. Lalu ada Rani dan Irna. Kami mencari sumber untuk mengerjakan tugas.
Dodi   : Ya aku ikut. Aku juga ingin membeli buku bacaan. Ketemu di mana.
Lia      : Besok kita kumpul di depan sekolah ya. Jam setengah sepuluh. Sampai jumpa besok Dodi.
Dodi   : Baiklah. Sampai jumpa.

Aku Siap Jawab
Jawablah pertanyaan berikut.
1.  Kapan salam harus diucapkan ketika bertelepon. 
2.  Dalam contoh percakapan. Siapakah yang menelepon.
3.  Dalam contoh percakapan. Siapakah yang menerima telepon.
4.  Siapa sajakah yang pergi ke toko buku.
5.  Kapan dan di mana mereka bertemu.

Kegiatanmu
Perhatikan gambar-gambar berikut dengan seksama.
Bermain
Bermain

Buatlah percakapan melalui telepon berdasarkan gambar. Kemudian peragakan dengan temanmu di depan kelas.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar