Bab 6 A. Mendengarkan

Diposting oleh Unknown on Rabu, 24 Oktober 2012

      Sekarang kamu harus kembali masuk sekolah. Liburan semester 1 telah usai. Tentu banyak hal yang kamu lakukan. Seperti bermain bersama teman-teman. Pergi ke tempat wisata. Atau berkunjung ke rumah saudara.
      Liburan tentu menjadi pengalaman menarik. Dan ingin kamu ceritakan pada teman. Berbagi cerita memang menyenangkan. Banyak pelajaran yang dapat kamu petik. Sebelum kamu bercerita. Simaklah dahulu pengalaman temanmu berikut ini.

Jatuh dari Pohon Mangga
      Siang itu udara sangat panas. Aku berjalan kaki pulang sekolah. Sampai di rumah aku merasa haus. Aku langsung minum air putih dingin. Perutku pun keroncongan. Tetapi, ibu belum selesai memasak. Ibu memintaku ke rumah nenek. Untuk menonton televisi. Dan menunggu masakan matang. 
Jatuh dari Pohon Mangga      Rumah nenek memang ada di depan rumah. Karena kami tidak punya televisi. Kami sering nonton di rumah nenek. Oh ya. Di halaman rumah nenek ada pohon. Pohon mangga dan jambu air. Kedua pohon itu sekarang belum berbuah. Tapi aku suka memanjat kedua pohon tersebut. Dan tidur-tiduran di atas dahan.    Biasanya dengan posisi tengkurap.
      Siang itu aku memanjat pohon mangga. Di atas dahan kurasakan udara sejuk. Entah mengapa. Mungkin aku mengantuk. Dan  aku kurang berpegangan. Tiba-tiba badanku meluncur ke bawah. Dan aku jatuh dengan posisi duduk. 
      Aku hanya bisa meringis. Menahan rasa sakit. Menahan malu dan menyesal. Coba kalau aku mengikuti saran ibu. Menonton televisi dan menunggu masakan matang.
Sumber: Kompas Anak dengan pengubahan

Aku Siap Jawab
Kamu telah menyimak. Sekarang ayo jawab.
1.   Dimulai dari manakah ceritanya.
2.   Pohon apa di rumah nenek.
3.   Mengapa temanmu bisa jatuh dari pohon.
4.   Apa yang dirasakannya setelah jatuh.

Kegiatanmu
1.   Berilah tanggapan pada pengalaman temanmu tadi.
2.   Ceritakan pengalaman yang pernah kamu alami. Kemudian berikan tanggapan pada cerita temanmu.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar