Bab 8 C. Membaca

Diposting oleh Unknown on Rabu, 24 Oktober 2012

      Kamu sudah berlatih membaca puisi. Saat mendeklamasikan puisi kamu harus memerhatikan lafal, volume suara, dan intonasi.Gaya penyampaiannya disesuaikan dengan suasana puisi. Untuk memudahkannya, berikanlah tanda jeda.

Perhatikan contoh pemberian tanda jeda (/) pada puisi berikut ini.

Boneka Cantik
     Aku mempunyai sebuah boneka /
     Dera namanya //
     Setiap hari kusisir rambutnya/
     Ku kepang kebelakang //
     Rambut  Dora hitam dan panjang

Untuk penghentian sebentar, diberi tanda jeda (/). Dan untuk
penghentian lama, diberi tanda jeda (//).

Sekarang, ayo deklamasikan puisi berikut.

Guru
Guru

Hari ini adalah Hari Pendidikan
Semua murid dan guru berkumpul di lapangan
Aku terharu mendengarkan doa
Doa guruku begitu menyentuh
Guru
Sungguh besar jasamu
Engkau telah mendidik aku dengan berbagai ilmu
Dari aku tidak tahu hingga menjadi tahu
Dari aku tidak mengerti hingga menjadi mengerti
Guru
Aku tidak akan melupakan jasamu
Hingga aku dewasa nanti
Ilmu yang engkau berikan
Berguna untukku kelak di masa yang akan datang

Aku Siap Jawab
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat.
1.   Kapankah Hari Pendidikan Nasional diperingati.
2.   Apa yang diberikan guru.
3.   Mengapa kamu menjadi berilmu.
4.   Ceritakan kembali tentang puisi di atas.

Kegiatanmu
1. Pilihlah salah satu gambar berikut. Kemudian tulis puisi tersebut berdasarkan gambar.
Membuat Puisi
2.    Deklamasikan puisi hasil karyamu di depan kelas. Perhatikan tata cara pembacaan puisi.
3.   Mintalah tanggapan dari temanmu. Minta juga penilaian dari gurumu
4.   Lakukanlah secara bergiliran.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar