Bab 8 B. Berbicara

Diposting oleh Unknown on Rabu, 24 Oktober 2012


      Ketika berbicara gunakan kalimat yang mudah dipahami. Agar pesan yang disampaikan diterima. Hal yang harus diperhatikan ketika berbicara di antaranya.
1. Materi yang akan disampaikan.
2. Cara penyampaian.
3. Pelafalan kata-kata, volume suara, dan intonasi.

Ayo baca pengalaman temanmu berikut.

Mengikuti Lomba Bahasa Inggris

     Aku menyukai bahasa Inggris. Awalnya aku sering menonton acara televisi. Acara tersebut menggunakan bahasa Inggris. Kemudian aku tertarik untuk mempelajarinya.
     Ibu menyarankan aku kursus bahasa Inggris. Aku senang sekali. Ibu mendaftarkan aku didua tempat. Saat itu aku berusia enam tahun. Di tempat kursus pertama, aku murid termuda. Karena murid lainnya telah berusia 11 tahun. Di tempat kedua aku diajarkan bagaimana menulis. Tentu saja dalam bahasa Inggris.
      Sekolahku mendapat kesempatan dalam perlombaan Reading Aloud. Perlombaan ini diikuti seluruh sekolah di DKI Jakarta. Kemudian, sekolahku menunjuk 5 orang menjadi perwakilan. Aku menjadi salah satunya. Aku harus bersaing dengan 200 peserta lainnya. Mereka dari 40 sekolah di Jakarta. Aku melakukan persiapan untuk menghadapi perlombaan. Seperti belajar intonasi, gaya, dan sebagainya. 
     Saat perlombaan dimulai, perasaanku senang sekali. Sampai-sampai aku merinding. Ketika menunggu giliran naik ke panggung. Saat aku naik panggung, perasaanku lega. Aku langsung senyum, menghilangkan demam panggung. Kemudian, aku memperkenalkan diri kepada penonton dan juri. Tentu saja dalam bahasa Inggris. Alhamdulillah, aku lolos dan maju ke babak final.
      Di babak final, aku gugup. Tetapi temanku mencoba menenangkan. Giliranku telah tiba. Aku mencoba tenang  sampai giliranku  berakhir. Alhamdulillah, aku meraih juara pertama. Aku sangat senang. Semua berkat latihan dan doa. Mulai dari seluruh keluarga, bapak-ibu guru, sampai teman-temanku.
Sumber: Kompas Anak dengan pengubahan

Aku Siap Jawab
1.  Ceritakan gambar-gambar di atas.
2.  Tuliskanlah pengalamanmu yang berkesan. Bacakan di depan kelas.
3.  Berikan komentar pengalaman temanmu.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar