Bab 8 A. Mendengarkan

Diposting oleh Unknown on Rabu, 24 Oktober 2012

      Kamu telah belajar memberikan tanggapan pengalaman. Belajar menanggapi merupakan proses melatih kepekaan.
     Sekarang, kamu kembali berlatih menanggapi pengalaman. Menanggapi dapat dilakukan setelah kamu mendengarkan. Dan menilai isi pengalaman tersebut.
      Tanggapan kamu dapat berupa pertanyaan. Dapat berupa komentar, kritikan atau pujian.
Perhatikan kutipan pengalaman berikut ini.


Siang itu, aku memilih memanjat pohon mangga. Meskipun aku disuruh menonton televisi. Diatas dahan kurasakan udara sejuk. Entah mengapa, mungkin aku mengantuk. Aku kurang berpegangan. Tiba-tiba badanku meluncur ke bawah. Dan aku jatuh dengan posisi duduk.


Contoh tanggapan dari pengalaman di atas adalah.

Kamu merasa mengantuk. Kamu tidak usah memanjat pohon. Lebih baik menonton televisi.

Contoh tanggapan itu berupa peringatan atau nasihat. 

Sekarang, simaklah pengalaman yang dibacakan temanmu.

Pameran di Sekolah

Pameran di Sekolah

      Namaku Budi. Aku sekolah di SD Jaya kelas III. Suatu hari, ada pameran IPA dan teknologi di sekolahku. Aku mencoba untuk memamerkan hasil percobaanku. Sebelum aku memamerkannya, hatiku degdegan. Aku tampak gugup. Tetapi, teman-temanku memberikan aku semangat. Akhirnya aku tampil.  Aku membuat penyulingan air. Dibuat dari botol plastik bekas. Isi botolnya  sabut kelapa, ijuk, pasir, kerikil, dan kapas. Hasil percobaanku dibuktikan. Aku menuangkan air kotor ke dalam botol. Ketika air yang sudah tersaring menetes di bawahnya. Air keruh tadi berubah menjadi jernih. Pengunjung yang menyaksikan bertepuk tangan. Aku sangat gembira. Aku pun tersenyum bahagia. Sesampainya di rumah, aku pun menceritakan kejadian di sekolah. Ayah dan ibu bangga padaku. Karena mempunyai anak yang cerdas.

Aku Siap Jawab
Kamu telah menyimak cerita pengalaman. Sekarang ayo jawab.
1.  Siapakah yang bercerita di atas.
2.  Apa yang diceritakannya.
3.  Bagaimana pengalamannya ketika tampil di depan pengunjung.
4.   Berikan tanggapanmu terhadap cerita di atas.

Kegiatanmu

Ceritakanlah pengalamanmu yang menyenangkan di depan kelas. Biarkan temanmu menyimaknya. Kemudian mintalah tanggapannya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar