Tahukah Kamu Manfaat Bilangan Prima Di Dunia Ini?

Diposting oleh Unknown on Kamis, 20 September 2012

 

Bilangan prima adalah suatu bilangan bulat positif yang hanya memiliki dua faktor, yaitu 1 dan bilangan itu sendiri. Namun tidak banyak orang yang mengetahui kegunaan bilangan prima dalam kehidupan nyata. Kebanyakan orang mengetahui bilangan prima hanya sebatas pada pelajaran matematika dalam materi bilangan bulat dijenjang pendidikan dasar dan menengah.

Salah satu fungsi bilangan prima dalam kehidupan sehari-hari diterapkan pada bidang teknologi sebagai kode keamanan dalam penggunaan password. Seperti yang dilakukan oleh RSA dan El-Gamel.

Dalam El-Gamel, dibutuhkan sebuah grup Zp *, yaitu grup dengan Z adalah himpunan bilangan prima dan operasi *. Selanjutnya El-gamel tidak hanya membutuhkan grup tetapi juga subgrup dari Zp* dengan generatornya diambil dari Grup Zp*. Hal tersebut diperlukan karena pengamanan dengan hanya menggunakan Plain Group, membuat kode keamanan El-Gamel menjadi kurang terjamin. Hasil dari manfaat bilangan prima sekarang ini, banyak digunakan untuk kode-kode rahasia kartu ATM suatu bank.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar