Seminar Matematika 2012

Diposting oleh Unknown on Jumat, 30 November 2012

Seminar Nasional Matematika umumnya merupakan kegiatan rutin tahunan, dua tahunan, atupun dengan peride lain, yang diselenggarakan oleh Jurusan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika, Lembaga-lembaga terkait. Seminar ini umumnya sebagai sarana publikasi hasil-hasil penelitian dan karya tulis dalam bidang matematika terapan, statistika, analisis, aljabar, pendidikan matematika, ilmu komputer, riset operasi, dan aktuaria. Seminar digunakan sebagai metode untuk menjalin komunikasi antar praktisi, akademisi dan institusi yang terlibat. Seminar juga digunakan untuk mengoptimalkan dan memanfaatkan hasil-hasil riset serta mengembangkan inovasi-inovasi dalam berbagai bidang. Pada seminar matematika umumnya sebagian peserta diminta mengirimkan makalah hasil penelitian.
Makalah yang dikirimkan merupakan makalah bidang matematika terapan, statistika, analisis, aljabar, pendidikan matematika, komputer, riset operasi, dan aktuaria. Makalah yang terpilih akan umunya akan dimuat dalam prosiding. Beberapa seminar matematika di berbagai belahan dunia umumnya ada reward best presentation dan best poaper, sayangnya di Indonesia masih jarang. Makalah yang masuk akan dikoreksi oleh tim reviewer yang dihubungi oleh panitia. Tim reviewer umunya para dosen berpendidikan S3 atau diakui memeiliki wawasan yang luas dan mendalam pada salah satu atau lebih sup topik pada seminar matematika.
Banyak universitas yang memiliki seminar matematika sendiri, seperti UNDIP, UNS, UNY, UGM, dan mebuka lowongan untuk para calon peserta pemakalah. Banyak universitas yang menggunakan seminar sebagai pengganti syarat kelulusan jurnal ilmiah terhitung Agustus 2012.
Berikut ini agenda seminar matematika di akhir tahun 2012 (Saya Kutip dari Mas Zaki)
10 September 2012:
Seminar Nasional Matematika, Sains dan Teknologi 2012, UT Jakarta
6 Oktober 2012:
Conference on Applied Mathematics and Education 2012, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
6 Oktober 2012:
Seminar Nasional Matematika 2012, UNPAR Bandung
6 Oktober 2012:
Seminar Nasional Matematika 2012, UNS Surakarta
20 Oktober 2012:
Seminar Nasional Matematika IV, UNJ Jakarta
10 November 2012:
Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012, UNY Yogyakarta
29 Desember 2012:
Seminar Nasional Pendidikan Matematika, UAD Yogyakarta


Meskipun saya sepertinya tidak akan mencoba satupun seminar matematika pada akhir tahun 2012 ini, tidak ada salahnya untuk berbagi.

sumber : http://nabihbawazir.com/seminar-matematika-2012/

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar