Sifat Anomali Air

Diposkan oleh suhend ra on Minggu, 13 Januari 2013

Sifat anomali air | Tahukah kamu air mempunyai sifat yang aneh dibandingkan dengan zat cair lain ?, ketika air dipanaskan dari suhu titik bekunya 0 derajat celcius sampai 4 derajat celcius maka air akan mengalami penyusutan. Namun, ketika dipanaskan diatas suhu 4 derajat celcius air akan memuai seperti benda benda lain. Sifat air yang seperti ini dinamakan anomali air.

Sekarang kita simak lebih jauh tentang mokeluk air, 
Molekul air terdiri dari dua atom hidrogen ( H ) dan satu atom oksigen ( O ). kedua atom ini bergabung membentuk molekul air ( H2O ). air mempunyai bentuk molekul khas yang disebut dipol. 

Air mempunyai sifat sifat yang berbeda dari pada sifat unsur unsur pembetuknya. Misalnya, air mempunyai sifat tidak mudah terbakar. sifat ini berbeda dengan unsur pembentuknya, yaitu unsur hidrogen yang mempunyai sifat mudah mudah terbakar. 

nah itulah sekilas tentang air sekarang kita simak percobaan sederhana tentang anomali air berikut ini:

sifat anomali air sifat keanehan air
sifat anomali air
Dalam kehidupan sehari hari, mungkin kamu pernah menemukan ban sepeda atau balon yang meletus, padahal tidak tertusuk paku atau benda tajam lainnya. Apakah penyebabnya ? ban berisi udara atau balon dapat pecah ketika cuaca panas. Peristiwa tersebut disebabkan  karena balon atau ban tidak mampu menahan udara yang memuai di dalamnya. Apakah semua zat dapat mengalami pemuaian ?, untuk membentuktikannya, mari kita simak yuk percobaannya kemudian bisa diprkatekan dirumah ya ...


alat dan bahan yang diperlukan:
  1. botol kaca
  2. sedotan minuman
  3. plastisin
  4. baskom
  5. air dingin dan air panas
  6. zat pewarna
  7. pengaduk

langkah percobaan
  1. isilah botol dengan air sampai penuh. masukan zat pewarna ke dalamnya. aduk hingga merata dengan batang pengaduk yang sudah disiapkan.
  2. tempatkan sedotan di  mulut botol menggunakan plastisin
  3. siapkanlah air panas di dalam baskom, kemudian tempatkanlah botol tersebut di dalam air panas.
  4. tunggulah beberapa saat, kemudian amatilah ujung sedotan minuman tersebut. Apa yang terjadi pada ujung sedotan minuman.
Hasil Percobaan

setelah beberapa saat , air berwarna keluar melalui sedotan. ini menunjukan bahwa air mengalami pemuaian nah penjelasan tentang percobaan ini ada di paragraf pertama diatas. sifat air yang seperi ini dinaman anomali air.



{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar