Percobaan Sederhana Garam Menyerap Air

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 19 Januari 2013

Percobaan Sederhana tentang Garam yang dapat menyerap air dari udara terbuka | Percobaan Sederhana yang akan dijelaskan dibawah ini adalah tentang sifat garam yang bisa menyerap air udara, Bagaimana penjelasannya dan prakteknya mari kita simak saja dibawah ini.

Pernahkan tanganmu basah atau berair ketika memegang garam ? mengapa hal itu bisa terjadi ? untuk membuktikannya, lakukanlah percobaan berikut ini !

Alat dan  bahan yang perlu disiapkan

1.    Piring plastic

2.    Lup atau kaca pembesar

3.    Setengah sendok teh garam dapur

4.    Sendok teh

Langkah percobaan

1. Taburkan setengah sendok teh garam dapur diatas piring plastic

2. Tempatkanlah piring berisi garam dapur tersebut di tempat yang lembab, misalnya kamar mandi. Usahakanlah agar garam tersebut tidak mendapat gangguan, misalnya terkena percikan air

3. tempatkanlah selama dua hari atau lebih di tempat tersebut.

4. setelah dua hari, amatilah Kristal Kristal garam dengan menggunakan lup atau kaca pembesar. Amatilah secara rutin yang terjadi pada Kristal tersebut.

Hasil percobaan

Setelah beberapa hari didiamkan di tempat yang lembab, garam menjadi basah dan sebagian larut.

Penjelasan percobaan

Garam dapur mempunyai sifat mudah menyerap air di udara. sifat seperti ini dinamakan higroskopis. Ketika garam tersebut menyerap banyak air maka dapat berubah menjadi larutan. Di dalam garam dapur ( natrium klorida ) terdapat senyawa yang disebut magnesium klorida. Bahan inilah yang membuat garam dapur  menjadi bahan yang mudah larut.

Sumber : seri sains dasar mengenal molekul, M Ruslin M, Pt. Albama, tahun 2010

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar