Perilaku dan Pola Asuh Pada Anak

Diposkan oleh suhend ra on Rabu, 23 Januari 2013

Perilaku dan pola asuh pada anak | Ketika anak sudah menunjukan perilaku seperti mulai memberontak, bersikap kasar, menjadi pemurung. Sebagai orang tua sudah bisan menerapkan kedisiplinan. dengan menerapkan sistem ini akan mengajarkannya untuk berlatih tanggung jawab dengan memotivasi.  langkah tersebut untuk membangun percaya diri dan akan membuat mereka merasa di cintai. dan ini sangat membantu perkembangan mental dalam bergaul. langkah langkah yang harus dilakukan guna membantu perkembangan dengan prilaku dan pola asuh yang tepat adalah sebagai berikut :

1. Meluangkan waktu untuk anak
anak perlu mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tua, sehingga harus dapat meluangkan waktu bersama mereka. bukan apa yang harus diberikan kepada anak tapi waktu bersama anak.

2. Buatlah diri kita menjadi contoh
perilaku anak biasanya mencerminkan tentang apa yang dilihat, maka kita harus berhati hati dalam bertindak apabila berada di sekitar mereka.
 
3. Melatih anak untuk mandiri
Walaupun anak masih kecil masih usia dua tahunan larutkan anak dalam kesibukan sehari hari, anak akan memahami bagaimana melakukan sesuatu yang terbaik untuk dirinya, dapat mengajak belanja, mengajaknya memilih sayur, membuang sampah, dan kegiatan lainnya yang dirasa anak sudah mampu.
4. Perlihatkan anak dengan sebab akibat
jangan terlalu banyak mencampuri urusan serta memperhatikan mereka secara berlebihan. Apabila hal ini terjadi akan menciptakan pribadi pribadi manja pada anak. biarkan mereka menanggung konsekuensi yang timbul akibat perbuatannya.
 
5. Gunakan hukuman yang masuk akal
Dalam perjalanan pasti banyak kesalahan yang diperbuat oleh anak kita boleh menghukum asal hukuman itu bersifat mendidik anak untuk tanggung jawab.

6. Jangan memperlihatkan amarah pada anak
Dihadapan anak anak jangan sampai marah walaupun mereka memancing kemarahan. bila itu terjadi menghindarlah, dan jika ia mengulangi hadapi jangan meninggalkannya dalam keadaan marah.
 
7. Jangan memberikan penilaian jelak pada anak
jangan sekali kali mengatakan kamu nakal karena hal seperti ini akan merusak harga dirinya. berikan pengarahan untuk meyakini bahwa bukan dia yang dibenci tapi perbuatannya.
 
8. Bersikap tegas
terhadap anak kita harus berisikap ramah tetapi tegas dan jangan memanjakannya melainkan mendidik untuk belajar disipilin. anak harus dapat menjalankan kewajibannya dengan baik jangan sampai membuat anak terima kasih tetapi dengan rasa takut.
 
9. Bersikap konsisten
Bila ada aturan yang melarang anak untuk jajan sembarangan, kita harus tegas jangan sampai kalah ketika menangis, merengek, bahkan berteriak untuk minta jajan yang mungkin itu tidak baik untuk anak.

Semua itu adalah perilaku yang dapat diterapkan pada anak untuk mendidik. keluarga akan membentuk sikap dan perilaku mereka. kesembilan point diatas merupakan sebagian pola asuh untuk mendapatkan anak yang berhasil kognitif, afektif dan perilakunya. Amiin

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar