Cool Math Website Untuk Belajar Matematika Online

Diposkan oleh suhend ra on Kamis, 22 November 2012

Belajar matematika itu identik dengan berlatih mengerjakan soal latihan. Kita belum dikatakan belajar matematika, bila kita hanya faham konsep, tanpa mengerjakan soal latihan. Belajar matematika bukan menghafal rumus. Rumus itu akan hafal dengan sendirinya bila kita sering mengerjakan soal latihan. Dalam berlatih mengerjakan soal latihan, tentu kita butuh soal yang memadai. Buku yang bagus adalah buku yang memberikan banyak soal yang dimulai dari tingkat kesulitan rendah hingga tingkat kesulitan tinggi. 


Selama saya menjadi guru matematika, jarang sekali buku yang memberikan soal yang memadai. Misal ketika saya mengajarkan akar persamaaan kuadrat, setelah peserta didik faham konsep menyelesaikan persamaan kuadrat, maka selanjutnya peserta didik berlatih untuk mengerjakan soal latihan. Tentu kita mulai dari soal-soal yang mudah dengan koefisien a = 1. Ini pun bentuk soalnya  bervariasi (ada 3 jenis), yaitu b dan c tidak sama dengan 0, b sama dengan 0, dan c sama dengan 0. Kadang-kadang buku tidak memberikan soal yang memadai. Bagi guru yang kurang kreatif maka peserta didik diberikan soal latihan seadanya, sehingga penguasaan peserta didik menjadi dangkal. Sebelum siswa terampil menyelesaikan persamaan kuadrat yang a = 1, sudah ditingkatkan menyelesaikan persamaan kuadrat yang a tidak sama denagn 1. Jadi kita butuh banyak soal yang memadai dan bervariasi, sementara tidak semua buku menyediakannya. Akibatnya kita harus kreatif membuat soal sendiri dan tentu memakan waktu. 

Untuk mengatasi masalah kurangnya soal di buku-buku pelajaran ada solusi yang sangat berguna yaitu "mengambil" soal-soal online. Dengan demikian kita memerlukan website yang menyediakan soal-soal yang dapat dikerjakan secara online. Sebagai contoh adalah website coolmath. Di web tersebut peserta didik bisa berlatih sepuasnya mengerjakan soal-soal yang disediakan gratis. Guru pun tidak repot membuat soal.

Adapun fasilitas website Coolmath adalah sebagai berikut:
  1. Tersedia penjelasana materi beserta soal-soal latihannya yang terstruktur, yaitu pra aljabar, aljabar, pra kalkulus, kalkulus, geometri, game matematika, puzzle matematika, dan lain-lain.
  2. Dari sisi pengguna, bisa untuk peserta didik, anak-anak, orang tua, dan guru.
Misalnya saja materi aljabar. Di Coolmath mencakup eksponen, persamaan, suku banyak dan lain-lain. Mengenai eksponen misalnya, dijelaskan konsep mengenai eksponen dan diberikan pula soal-soal latihan yang sangat banyak dan memadai. Jadi guru tidak repot membuatkan soal untuk peserta didik. Bahkan bagi guru web Coolmath bisa digunakan untuk media pembelajaran yang berbasisi internet.

Untuk sekedar contoh, berikut ini saya berikan tautan-tautan dari Coolmath mengenai eksponen
Jadi penjelasannya sangat lengkap dan soalnya pun sangat lengkap, sehingga sangat bisa kita gunakan sebagai media pembelajaran yang mengasikkan. Untuk fasilitas yang lain silakan dieksplor sendiri.

Demikian, semoga bermanfaat

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar