RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Diposkan oleh suhend ra on Kamis, 08 November 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       :  SDN
Mata Pelajaran   :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    :  IV/ 1
Alokasi Waktu    :  2 x35 menit ( 1x pertemuan)


 


A.   Standar Kompetensi
Membaca
3. Memahami teks agak panjang (150- 200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ ensiklopedi.
B.   Kompetensi Dasar
Membaca
3.3                        Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ ensiklopedi melalui membaca memindai.
C.   Indikator
Berbicara
Menjelaskan cara menggunakan kamus dengan bahasa yang sistematis.
Menulis
1.   Mengidentifikasi arti kata yang sulit yang terdapat dalam wacana dengan benar.

2.   Membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit dalam wacana dengan ejaan yang benar.
D.   Tujuan Pembelajaran
1.     Melalui tanya jawab dan demonstrasi, siswa dapat menjelaskan cara menggunakan kamus dengan bahasa yang sistematis.
2.     Melalui penugasan membaca wacana, siswa  dapat mengidentifikasi kata-kata sulit  yang ditemukan dalam wacana dengan benar.
3.     Melalui penggunaan kamus dan diskusi kelompok, siswa dapat membuat kalimat berdasarkan kata/istilah yang telah diketahui artinya dengan ejaan yang benar..
E.  Dampak Pengiring
    Setelah siswa mengikuti pembelajaran, siswa dapat menerjemahkan kata-kata sulit  atau kata-kata istilah dalam kalimat dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari serta dapat berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan..
F.    Materi
1.     Membaca bacaan yang berjudul “ Seni Pahat dari Desa Mas”
2.     Menjelaskan bagaimana menggunakan kamus.
3.     Mencatat kata- kata sulit dan mencari arti kata tersebut dalam kamus.
4.     Membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit tersebut.
G.  Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran
 Pendekatan : Cooperative Learning
 Metode:
     Teknik: 


1.     Tanya jawab.
2.     Penugasan
3.     Diskusi Kelompok
4.     Pemberian Wacana.
H.  Kegiatan Pembelajaran
a.      Pendahuluan (± 5 menit)
1.      Mengecek kesiapan siswa, ruang kelas, dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran.
2.      Guru melakukan apersepsi dengan bertanya kepada siswa tentang arti dari beberapa kata, misalnya
a.   Anak-anak siapa yang tahu arti kata transportasi?
b.   Untuk mengetahui arti kata tersebut, kita dapat menggunakan apa?
c.   Bagaimana cara kita menggunakannya?
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
b.      Kegiatan inti (± 55 menit)
1.     Guru menanyakan apakah siswa sering menemukan kesulitan memahami kata-kata dalam membaca wacana.
2.      Guru menjelaskan cara menggunakan kamus untuk mencari arti kata- kata sulit.
3.     Beberapa siswa diminta untuk mendemonstrasikan bagaimana menggunakan kamus dengan benar di depan kelas.
4.     Siswa membentuk kelompok berdasarkan kelompok yang telah ditentukan
5.     Guru membagikan LDS dan wacana yang berjudul “Atlet Bersepeda Indonesia Unggul di Asia”.
6.     Siswa mendengar penjelasan guru tentang langkah-langkah dalam mengerjakan LDS.
7.     Siswa bersama dengan  anggota kelompoknya diminta untuk mencari kata- kata sulit dalam wacana tersebut.
8.     Siswa mengerjakan LDS bersama teman kelompoknya dengan penuh tanggung jawab.
9.     Guru membimbing siswa dalam mengerjakan LDS.
10.            Perwakilan kelompok diminta untuk  membacakan hasil LDS  yang telah dikerjakan ke depan kelas.
11.            Siswa  lain menanggapi hasil diskusi dari temannya yang menyajikan.
12.             Guru memberikan penguatan  secara verbal dan non verbal kepada siswa yang mempresentasikan hasil LDS di depan kelas.
13.            Siswa diberi kesempatan bertanya mengenai materi yang belum jelas
c.   Kegiatan Penutup (± 5 menit)
1.     Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pelajaran.
2.     Guru memberikan soal evaluasi kepada siswa.
3.     Guru memberikan penugasan kepada siswa untuk mencariarti kata-kata sulit dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan kamus.
I.      SUMBER BELAJAR
1.     Media: 
a.     Petunjuk menggunakan kamus yang ditulis pada karton.
b.     Kamus Bahasa Indonesia
2.     Bahan
a.     Kurikulum KTSP
b.     Silabus Kelas IV
c.      Nurcholis dan Mafrukhi. 2006. Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas IV. Jakarta: Erlangga.
J.     Penilaian
a.     Teknik
a)  Tes
b)  Unjuk Kerja
b.    Bentuk Instrumen
a)  Tes Uraian
b)  Ceklis Unjuk Kerja
c)   Soal

Materi Pembelajaran
Cara Menggunakan Kamus
 Kamus/ensiklopedi memiliki banyak informasi.
Kamu bisa mendapatkan informasi dalam kamus/ensiklopedi. Ayo, perbanyak pengetahuanmu dalam membaca memindai kamus/ensiklopedi berikut.
1. Makna dan Informasi
Makna merupakan kata yang menyampaikan maksud tertentu. Kamu dapat memahami sesuatu dengan adanya makna yang jelas. Setiap kata ataupun kalimat mempunyai makna.
Dalam sebuah pengumuman atau informasi, kamu dapat membacanya di papan pengumuman atau informasi. Tidak setiap kata atau kalimat yang kamu baca, dapat dimengerti maksud ataupun maknanya. Untuk itu, kamu memerlukan kamus untuk mengetahui artinya. Sehingga kamu harus membaca dengan cermat atau disebut dengan membaca memindai.
2. Membaca Memindai
Membaca memindai yaitu membaca dengan cermat dan teliti, dengan memandang bacaannya untuk mengetahui intinya. Membaca memindai dilakukan untuk menemukan informasi secara cepat, yaitu dengan melihat secara sekilas bagian-bagian teks terutama judul, daftar isi, kata pengantar, dan yang lainnya. Teknik ini dapat digunakan ketika membaca bacaan ringan atau koran.
3. Menemukan Makna dan Informasi dalam Kamus/Ensiklopedi
Kamu dapat menemukan makna atau arti kata-kata dalam sebuah kamus. Kamu dapat mencarinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kamus Bahasa Inggris, kamus Ekonomi. Semua dapat ditemukan tergantung makna apa yang sedang dicari. Ada cara tersendiri dalam menemukan makna dalam kamus/ensiklopedi. Makna kata dalam bahasa Indonesia dapat ditemukan dalam KBBI.
Misalnya:
􀁸 Membaca 􀁸 Judul 􀁸 Menemukan
􀁸 Cermat 􀁸 Memandang
Untuk kata yang berimbuhan, kamu harus menentukan kata dasarnya terlebih
dahulu.
􀁸 Membaca 􀀾 kata dasarnya, baca, dengan imbuhan me
􀁸 Menemukan 􀀾 kata dasarnya temu, dengan imbuhan me kan
􀁸 Memandang 􀀾 kata dasarnya pandang, dengan imbuhan me
Setelah mengetahui kata dasarnya, kamu mengurutkan huruf awal kata dasar
sesuai urutan abjad.
􀁸 Baca 􀁸 Judul 􀁸 Temu
􀁸 Cermat 􀁸 Pandang
Kemudian, dicari dalam kamus setelah kata dasar diketahui :
Baca – membaca: 1) melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis
(dengan melisankan atau hanya dalam hati), 2) mengeja atau melafalkan apa
yang tertulis.
Cermat: 1) penuh minat (perhatian); seksama; teliti, 2) berhati-hati dalam
memakai uang ; hemat.
Judul: nama yang dipakai untuk buku atau bab dalam buku yang dapat
menyiratkan secara pendek isi atau maksud buku atau bab itu.
Pandang=memandang: melihat dan memperhatikan (biasanya arah dan
jaraknya tetap).
Temu=menemukan: mendapatkan sesuatu yang belum ada sebelumnya
mengalami, menderita.




















Teks

Atlet Bersepeda Indonesia Unggul di Asia

Penggemar olahraga bersepeda, rajinlah berlatih. Melalui olahraga bersepeda ini, kalian pun dapat meng harumkan nama bangsa dan negara. Seperti yang dilakukan para
atlet bersepeda di ajang kejuaraan  antarnegara. Pada perlombaan tingkat Asia atau SEA Games XXII di Vietnam, empat medali emas diraih oleh kontingen Indonesia dari cabang balap sepeda. Malaysia, atlet Indonesia meraih sebelas medali emas. Pada SEA Games di Vietnam hanya diperebutkan sepuluh medali emas karena nomor trek (velodrom) tidak
dipertandingkan. Atlet balap sepeda Indonesia memang unggul di tingkat Asia. Pada Asian Games IV 1962 di Jakarta, Indonesia memeroleh tiga medali emas. Setelah itu, Indonesia
mengalami penurunan prestasi. Akan tetapi, tahun-tahun berikutnya Indonesia kembali meraih prestasi di kawasan Asia. Hal ini dibuktikan oleh pembalap sepeda muda seperti Santia Tri Kusuma, yang meraih dua medali emas SEA Games XXII di Vietnam. Prestasi Santia bukan hanya di tingkat regional dan Asia, melainkan di tingkat dunia. Pada Kejuaraan Dunia Grade B di Swiss, dia berhasil meraih dua medali perunggu.

























Soal Evaluasi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat
1.     Apakah fungsi kamus?
2.     Bagaimana cara membaca kamus?
3.     Apakah arti membaca memindai?
4.     Apa arti dari kata atlet?
5.     Buatlah satu kalimat dengan menggunakan kata atlet!


















Kunci Jawaban  Soal Evaluasi
1.     Untuk mencari arti kata-kata yang sulit.
2.     Caranya dengan mencari bentuk dasar kata tersebut sesuai dengan urutan huruf awalnya secara alfabetis.
3.  Membaca memindai yaitu membaca dengan cermat dan teliti, dengan
memandang bacaannya untuk mengetahui intinya.
4. Atlet: orang yang mahir dalam suatu bidang olahraga.
5.Ovi ingin menjadi atlet perenang internasional.















Lembar Diskusi Siswa
Kelas                                 :
Hari/tanggal                      :
Nama kelompok      :
Anggota                  :
Tujuan Pembelajaran    :  Siswa dapat menjelaskan arti kata-kata sulit dengan menggunakan kamus
Sub Pokok Bahasan       :  Arti kata sulit dalam wacana
Alokasi Waktu                     :   25 menit
Petunjuk                 : diskusikanlah soal ini dengan anggota kelompokmu!

1.       Bacalah wacana ”  Atlet Bersepeda Indonesia Unggul di Asia” dengan seksama!
2.       Catatlah 3 kata atau istilah yang sulit yang kalian temukan dalam wacana!
3.       Carilah arti 3  kata yang sulit  dengan menggunakan kamus:
c.                                                                              atlet
d.                                                                             kejuaraan
e.                                                                              regional
4.       Buatlah 3  kata  tersebut menjadi sebuah kalimat!
5.       Susunlah hasil LDS untuk dilaporkan di depan kelas!














Kunci Jawaban LDS
1.     Sudah dilakukan
2.     Atlet, kejuaraan, regional, balap, dan lain-lain.
3.     a. Atlet: orang yang mahir dalam suatu bidang olehraga tertentu
b. Kejuaraan: perlombaan
c. Regional: daerah
4.  Penilaian sesuai dengan jawaban siswa.
5.  Sudah dilakukan.

             













Lembar Observasi Keaktifan Siswa
No
Aspek yang diamati
Kriteria Penilaian
Kurang
Cukup
Baik
1
2
3
1
2

3
4
Siswa menyimak penjelasan guru dengan cermat.
Siswa aktif dalam melakukan tanya jawab dengan guru ketika proses pembelajaran berlangsung
Siswa membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
Siswa mengerjakan evaluasi dengan tertib.





































{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar