RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Diposkan oleh suhend ra on Rabu, 07 November 2012


(RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      :  Sekolah Dasar
Mata Pelajaran            :  Matematika
Kelas                           :  IV
Semester                      :  II
Alokasi Waktu            : 6 ´ 35 Menit (3 pertemuan)


A.  Standar Kompetensi
6.  Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah


B.  Kompetensi Dasar
6.2. Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan

 C.  Indikator
      Produk
1.      Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran.
2.      Mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa.
3.      Menyatakan nilai tempat pada pecahan desimal.
4.      Mengubah bentuk pecahan kebentuk desimal dan persen.
Proses
5.      Menjelaskan berbagai strategi  untuk menyatakan pecahan sebagai pembagaian
6.      Menjelaskan berbagai strategi  untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran.
7.      Menjelaskan berbagai strategi  untuk mengubah mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran..
8.      Melakukan pengecekan hasil pengubahan pecahan ke bentuk desimal dan persen, dan sebaliknya dengan menggunakan kalkulator ataupun secara manual.
Keterampilan Sosial
9.      Melakukan komunikasi meliputi persentasi, bertanya, dan berpendapat.

  1. Tujuan Pembelajaran
            Produk:
    1. Diberikan suatu bilangan pecahan, siswa dapat mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran.
    2. Diberikan suatu bilangan pecahan, siswa dapat mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa.
    3.  Diberikan suatu bentuk desimal, siswa dapat menyatakan nilai tempat pada pecahan desimal.
    4. Mengubah bentuk pecahan kebentuk desimal dan persen

           Proses:
1.      Diberikan suatu permasalahan mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya, siswa dapat  menjelaskan berbagai strategi penyelesaiannya. 
2.      Melalui satuan pecahan siswa dapat meyatakan nilai tempat pada pecahan desima.
3.       Setelah melakukan pengubahan pecahan ke bentuk desimal dan persen, dan sebaliknya, siswa dapat melakukan pengecekan hasil perhitungannya dengan menggunakan kalkulator ataupun secara manual.

Keterampilan sosial
1.  Terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga siswa dapat melakukan komunikasi meliputi persentase, bertanya, dan berpendapat.

E.     Model pembelajaran
a.       Model Pendekatan : Kooperatif
b.      Metode : Pemecahan masalah (Problem solving) melalui diskusi kelompok dengan bimbingan guru.



F.     Materi pembelajaran
a.       Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran.
b.      Mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa.
c.       Nilai tempat pada pecahan desimal.
d.      Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal dan persen.

G.   
Sumber pembelajaran
1.      Matematika 4 untuk siswa kelas IV Acarya Media Utama Bab 7, Arti Pecahan.
2.      Matematika untuk sekolah dasar kelas IV Bab 6, pecahan.
3.      LKS 1; batangan pecahan
4.      Kunci LKS 1; batangan pecahan
5.      LKS 1; batangan pecahan
6.      Kunci LKS 1; batangan pecahan
7.      LKS 3; Daftar penghasilan
8.      Kunci LKS 3; Daftar penghasilan
9.      Lembar penilaian; Pecahan biasa menjadi pecahan campuran, Pecahan campuran menjadi pecahan biasa, pecahan, desimal, persen.
10.  Kunci lembar penilaian; Pecahan biasa menjadi pecahan campuran, Pecahan campuran menjadi pecahan biasa, pecahan, desimal, persen.

H.    Alat dan Bahan
1.      Media, Media batangan pecahan.
2.      Kalkulator.










  1. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 35’)

Pendahuluan (± 5 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan

1.      Memotivasi siswa dengan menceritakan pentingnya materi ini untuk diterapkan pada perhitungan praktis sehari-hari dan mempelajari matematika lebih lanjut, misalnya dengan menceritakan deskripsi sekilas penggunaan pengubahan pecahan ke dalam bentuk desimal di tokoh kain. Kemudian guru memberikan pertanyaan lanjutan kepada siswa berkenaan dengan materi pelajaran.
Terlaksana/Tidak
2.      Menyampaikan inti tujuan pembelajaran (fase 1: menyampaikan tujuan dan motivasi)
Terlaksana/Tidak

Inti (± 60 menit)
1.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang proses mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa dan sebaliknya. (fase 2: Menyampaikan informasi).
Terlaksana/Tidak

2.      Meminta siswa duduk dalam kelompok masing-masing dan memberi tugas kelompok berupa LKS Serta membagikan LKS 1: mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa dan sebaliknya (fase 3: Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok).
Terlaksana/Tidak
3.      Membimbing siswa menyelesaikan tugas dan LKS 1 sambil menjalankan penilaian kelas dan penilaian progres individu (fase 4: Membimbing kelompok bekerja dan belajar).
Terlaksana/Tidak
4.      Meminta siswa mempersentasikan hasil diskusinya dan memberikan penilaian terhadap aktivitas (fase 5: Evaluasi).
Terlaksana/Tidak
5.      Memberikan penghargaan secara verbal pada kelompok yang aktif (fase 6: Memberi penghargaan).
Terlaksana/Tidak

Penutup (±10 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.      Bersama siswa membuat rangkuman terhadap mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa dan sebaliknya.
Terlaksana/Tidak
2.      Guru memberikan Evaluasi
Terlaksana/Tidak
3.      Guru memberikan tugas rumah untuk membaca materi selanjutnya.



Pertemuan kedua (2 x 35’)
Pendahuluan (± 5 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan

1.      Memotivasi siswa dengan menceritakan pengalaman proses menentukan nilai tempat suatu bilangan, kemudian memberikan tindak lanjut.  Dan menanyakan materi sebelumnya.
Terlaksana/Tidak
2.      Menyampaikan inti tujuan pembelajaran (fase 1: menyampaikan tujuan dan motivasi)
Terlaksana/Tidak
Inti (± 60 menit)
3.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang nilai tempat pada pecahan desimal (fase 2: Menyampaikan informasi).
Terlaksana/Tidak

4.         Meminta siswa duduk dalam kelompok masing-masing dan memberi tugas kelompok berupa LKS 2; menentukan nilai tempat pada pecahan desimal (fase 3: Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok).
Terlaksana/Tidak
5.         Membimbing siswa menyelesaikan tugas dan LKS 2 sambil menjalankan penilaian kelas dan penilaian progres individu (fase 4: Membimbing kelompok bekerja dan belajar).
Terlaksana/Tidak
6.         Meminta siswa mempersentasikan hasil diskusinya dan memberikan penilaian terhadap aktivitas (fase 5: Evaluasi).
Terlaksana/Tidak
7.         Memberikan penghargaan secara verbal pada kelompok yang aktif (fase 6: Memberi penghargaan).
Terlaksana/Tidak

Penutup (±10 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.      Bersama siswa membuat rangkuman terhadap butir-butir penting pembelajaran yang berkenaan dengan materi pembelajaran.
Terlaksana/Tidak
2.      Guru memberikan Evaluasi
Terlaksana/Tidak
3.      Guru memberikan tugas rumah untuk membaca materi selanjutnya (tindak lanjut).
Terlaksana/Tidak

Pertemuan ketiga (2 x 35’)
Pendahuluan (± 5 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan

1.         Memotivasi siswa dengan menceritakan pengalaman proses menentukan nilai tempat suatu bilangan, kemudian memberikan tindak lanjut.  Dan menanyakan materi sebelumnya.
Terlaksana/Tidak
2.         Menyampaikan inti tujuan pembelajaran (fase 1: menyampaikan tujuan dan motivasi)
Terlaksana/Tidak



Inti (± 60 menit)
1.         Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang mengubah pecahan ke bentuk desimal dan persen (fase 2: Menyampaikan informasi).
Terlaksana/Tidak

2.         Meminta siswa duduk dalam kelompok masing-masing dan memberi tugas kelompok berupa LKS 3; mengubah pecahan ke bentuk desimal dan persen  (fase 3: Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok).
Terlaksana/Tidak
3.         Membimbing siswa menyelesaikan tugas dan LKS 3 sambil menjalankan penilaian kelas dan penilaian progres individu (fase 4: Membimbing kelompok bekerja dan belajar).
Terlaksana/Tidak
4.         Meminta siswa mempersentasikan hasil diskusinya dan memberikan penilaian terhadap aktivitas (fase 5: Evaluasi).
Terlaksana/Tidak
5.         Memberikan penghargaan secara verbal pada kelompok yang aktif (fase 6: Memberi penghargaan).
Terlaksana/Tidak

Penutup (±10 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan
1.      Bersama siswa membuat rangkuman terhadap butir-butir penting pembelajaran yang berkenaan dengan materi pembelajaran.
Terlaksana/Tidak
2.      Guru memberikan Evaluasi
Terlaksana/Tidak
3.      Guru memberikan tugas rumah untuk membaca materi selanjutnya (tindak lanjut).
Terlaksana/Tidak








  1. Evaluasi
Lembar Penilaian (LP)
Penilaian kelas: Menggunakan lembar Check List penilaian klasikal.
Penilaian Progress Individu: Menggunakan lembar penilaian progros individu.



Daftar Pustaka
      Armaini Rina, dkk. 2004, Buku Matematika4 Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Acarya Media Utama: Bandung.
      Nur, m, 2004 Model Pembelajaran Kooperatyif, Unipress, Unesa: Surabaya.


{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar