RPP SD IPS

Diposkan oleh suhend ra on Senin, 12 November 2012

(RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah                  : SD
Mata Pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                 : V/1
Alokasi waktu                  :  9x35 menit (3x pertemuan)
 

A.Standar Kompetensi
1.  Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Buddha dan Islam serta keragaman ketampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang  berskala nasional dari masa Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia
C. Indikator
Pertemuan I
1          Mengidentifikasi kerajaan-kerajaan bercorak Hindu di Indonesia
2          Menyusun daftar peninggalan bercorak Hindu di Indonesia
Pertemuan II
3          Mengidentifikasi kerajaan-kerajaan bercorak Budha di Indonesia
4          Membedakan peninggalan sejarah bercorak hindu dan budha
5          Menyusun daftar peninggalan bercorak Budha di Indonesia
Pertemuan III
6          Mengidentifikasi kerajaan-kerajaan bercorak Islam di Indonesia
7          Menyusun daftar peninggalan bercorak Islam di Indonesia
D. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
1.  Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan 2 kerajaan bercorak Hindu di Indonesia.
2.  Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menyusun daftar peninggalan bercorak Hindu di Indonesia
3.  Melalui pengamatan pada peta Indonesia , siswa dapat menemutunjukkan  letak kerajaan bercorak Hindu di Indonesia.
4.  Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan nama  kerajaan Hindu pertama di Indonesia.
5.  Melalui tanya jawab, siswa dapat menuliskan isi Sumpah Palapa.
6.  Melalui pengamatan pada gambar-gambar peninggalan bercorak Hindu di Indonesia, siswa dapat menuliskan arti prasasti.
7.  Malalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan 3 judul   karya sastra bercorak Hindu.
Pertemuan II
1.       Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan 2 kerajaan bercorak Budha di Indonesia.
2.       Melalui diskusi kelompok siswa dapat membedakan peninggalan kerajaan bercorak hindu dan budha.
3.       Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menyusun daftar peninggalan sejarah berecorak Budha di Indonesia
4.       Melalui pengamatan pada peta Indonesia, siswa dapat Menemutunjukkan letak kerajaan bercorak Budha.
5.       Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan 3  prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya.
6.       Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan makna kerajaan maritim.
7.       Melalui pengamatan pada gambar peninggalan  bercorak Budha, siswa dapat menyebutkan 3  candi peninggalan  kerajaan bercorak Budha
Pertemuan III
1.  Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan 1 kerajaan bercorak Islam di Indonesia.
2.  Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menyusun daftar peninggalan bercorak Islam di Indonesia
3.  Melalui tanya jawab, siswa dapat menuliskan nama kerajaan islam pertama di pulau Jawa.
4.  Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan nama  raja Aceh pertama.
5.  Melalui penjelasan guru, siswa dapat menuliskan sembilan wali pada masa kerajaan Demak.
6.  Melalui pengamatan pada gambar-gambar peninggalan bercorak Islam di Indonesia, siswa dapat menuliskan 4 masjid peninggalan kerajaan Islam.
7.  Malalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan 3 peninggalan budaya islam di Indonesia.
     Dampak pengiring
        Setelah proses pembelajaran siswa dapat menghargai sejarah kerajaan Hindu, Budha, dan Islam  di indonesia dan dapat melestarikan peninggalanya baik yang berupa bangunan, maupun ajaran serta budaya
E. Materi Pokok (Terlampir)
1.     Kerajaan dan peninggalan Hindu di Indonesia
2.     Kerajaan dan peninggalan Budha di Indonesia
3.     Kerajaan dan peninggalan Islam di Indonesia 
F. Pendekatan dan metode pembelajaran
a.   Pendekatan
· Konstruktivisme
· kooperatif
b.  Metode
· Metode penugasan
· Metode observasi
· Metode diskusi kelompok
· Metode tanya jawab
G. Kegiatan pembelajaran
     Pertemuan pertama (3x35 menit)
Pendahuluan (± 10menit)
1.       Guru mengucapkan salam
2.       Siswa berdoa
3.       Guru mengecek kehadiran siswa

4.       Guru menyiapkan siswa agar siap belajar
5.       Guru melakukan apersepsi dengan menayakan kepada siswa agama yang diakui di Indonesia?, dan kemudian mengkaitkanya dengan materi pelajaran.
6.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak


Terlaksana/tidak
Kegiatan inti (±70 menit)
1.        Tanya jawab guru dan siswa tentang kerajaan hindu di indonesia
2.        Guru menampilkan peta Indonesia
3.        Siswa secara bergantian menunjukkan lokasi atau tempat kerajaan hindu
4.        Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok,
5.        Guru membagikan kepada masing-masing kelompok.
6.        Siswa melakukan Diskusi Kelompok.
7.        Guru membimbing siswa dalam diskusi
8.        Setiap kelompok meyampaikan hasil diskusi
9.        Tanya jawab antara guru dan siswa
10.   Guru memantapkan materi pelajaran

Terlaksana/tidak


Terlaksana/tidak

Terlaksana/tidak

Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
Kegiatan Penutup (25Menit)
1.       Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan materi pelajaran.
2.       Guru memberikan evaluasi 
3.       Guru memberikan tindak lanjut
4.       Guru mengucapkan terima kasih kepada siswa

Terlaksana/tidak

Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak

     Pertemuan kedua (3x35 menit)
Pendahuluan (± 10menit)
1.       Guru mengucapkan salam
2.       Guru mengajak siswa berdoa
3.       Guru mengecek kehadiran siswa
4.       Guru menyiapkan siswa agar siap belajar
5.       Guru memotivasi siswa dengan menyanyikan lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”
6.       Guru menanyakan tentang materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya,
-      Coba, sebutkan kerajaan yang bercorak Hindu di Indonesia!
-      Apa yang dimaksud dengan prasasti ?
Menghubungkan pengetahuan siswa dengan materi yang akan diajarkan
-      Siapa yang pernah ke candi Borobudur ?
Candi borobudur adalah salah satu peninggalan sejarah bercorak Budha dan merupakan salah satu keajaiban dunia.
7.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak

Terlaksana/tidak










Terlaksana/tidak
Kegiatan inti (±70 menit)
1.    Tanya jawab guru dan siswa tentang kerajaan budha di indonesia
2.    Guru menampilkan peta Indonesia
3.    Siswa secara bergantian ke depan kelas menunjukkan wilayah kerajaan yang bercorak Budha dengan menggunakan media peta indonesia dan gambar-gambar peninggalan sejarah dari masa Budha.
4.    Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok,
5.    Guru membagikan LDS kepada setiap kelompok,
6.    Siswa bersama anggota kelompoknya mengerjakan LDS 
7.    Guru membimbing siswa dalam diskusi
8.    Masing- masing  kelompok secara bergantian maju ke depan kelas untuk menjelaskan hasil pekerjaan diskusi kelompoknya
9.    Kelompok lain menanggapi laporan hasil kerja kelompok yang disampaikan di depan kelas.
10.  Tanya jawab guru dan siswa tentang hasil diskusi
11.  Guru mamantapkan hasil diskusi.

Terlaksana/tidak

Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak



Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak


Terlaksana/tidak

Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak
Kegiatan Penutup (25Menit)
1.       Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan materi pelajaran.
2.       Guru memberikan evaluasi 
3.       Guru memberikan tindak lanjut
4.       Guru mengucapkan terima kasih kepada siswa

Terlaksana/tidak

Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak

     Pertemuan ketiga (3x35 menit)
Pendahuluan (± 10menit)
1.   Guru mengucapkan salam
2.   Guru mengajak siswa berdoa
3.   Guru mengecek kehadiran siswa
4.   Guru menyiapkan siswa agar siap belajar
5.   Guru memberikan apersepsi dengan mwmberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi
6.   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak

Terlaksana/tidak
Kegiatan inti (±70 menit)
1.   Tanya jawab guru dan siswa tentang kerajaan islam di indonesia
2.   Guru menjelaskan materi “Kerajaan dan peninggalan Islam di Indonesia” dengan menggunakan media peta dan gambar contoh peninggalan sejarah dari masa Islam.
3.   Siswa secara bergantian ke depan kelas menunjukkan wilayah kerajaan yang bercorak Islam dengan menggunakan media peta Indonesia dan gambar-gambar peninggalan sejarah dari masa Islam.
4.   Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok,
5.   Guru membagikan LDS kepada setiap kelompok,
6.   Siswa bersama anggota kelompoknya mengerjakan LDS 
7.   Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi
8.   Setiap  kelompok secara bergantian maju ke depan kelas untuk menjelaskan hasil pekerjaan diskusi kelompoknya
9.   Kelompok lain menanggapi laporan hasil kerja kelompok yang disampaikan di depan kelas.
10.            Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
11.            Guru memabtapkan materi pelajaran..

Terlaksana/tidak

Terlaksana/tidak


Terlaksana/tidak



Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak

Terlaksana/tidak

Terlaksana/tidak

Terlaksana/tidak
Kegiatan Penutup (25Menit)
1.       Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan materi pelajaran.
2.       Guru memberikan evaluasi 
3.       Guru memberikan tindak lanjut
4.       Guru mengucapkan terima kasih kepada siswa

Terlaksana/tidak

Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
Terlaksana/tidak
    
G. Media Belajar dan Pembelajaran
a.  Media
·          Atlas/Peta Indonesia
·          Gambar candi Borobudur dan candi Prambanan
·        Gambar prasasti
·        Gambar candi yang bercorak Hindu-Budha
·        Gambar peninggalan sejarah Islam
b.  Sumber
·        Kurikulum KTSP SDN 9 Kota Bengkulu
·        Silabus KTSP SDN 9 Kota Bengkulu
·        Buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Penerbit Pusat Perbukuan Nasional.

F.  Penilaian
     1.   Penilaian proses :
Aktivitas siswa dalam melaksanakan diskusi kelompok
2.  Penilaian hasil belajar :
·        Penilaian hasil pekerjaan siswa yang berupa LDS
·        Evaluasi individu siswa.


                






Lampiran 1
Lembar  Diskusi  Siswa pertemuan pertama
Hari / tanggal                           :   ………………………..
Kelas                             :   ……………………….
Nama Kelompok           :   . .………………………..
Nama anggota kelompok        :   1 …………………………
                                          2 …………………………
                                          3 ………………………….
                                          4 ………………………….
                                          5 …………………………
 6 …………………………
1.  Tulislah secara singkat tentang kerajaan-kerajaan di bawah ini meliputi :
·        Tahun berdiri
·        Letak
·        Peninggalan
     a.           Kelompok I : Kerajaan Kutai
     b.           Kelompok II         : Kerajaan  Tarumanegara
     c.            Kelompok III        : Kerajaan Kutai
     d.           Kelompok IV       : Kerajaan Mataram Kuno
e.   Kelompok V        : Kerajaan Bali
f.            Kelompok VI  : Kerajaan Majapahit
     Tuliskan hasil diskusi  kelompokmu di lembar jawaban yang telah dibagikan oleh guru.
    
2    Buatlah daftar peninggalan sejarah kerajaan bercorak Hindu beserta fungsinya
N0
Nama peninggalan bercorak Hindu
Fungsinya
1
2
3
4
5
6






Lampiran 2
Soal evaluasi dan kunci jawaban pertemua pertama
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.     Dimana letak wilayah kerajaan Tarumanegara ?
2.     Apa Nama Kerajaan Hindu pertama di Indonesia ?
3.     Tuliskan isi Sumpah Palapa yang diucapakan oleh Gajah mada ?
4.     Jelaskan apa yang di maksud dengan Prasasti?
5.     Tuliskan 5 karya sastra yang  bercorak Hindu?

Kunci jawaban
1.     Kerajaan Tarumanegara terletak di tepi sungai Citarum, dekat Bogor Jawa Barat.
2.     Kerajaan Hindu pertama di Indonesia adalah Kutai
3.     Isi Sumpah palapa ialah Cita-cita Gajah mada untuk mempersatukan Nusantara dibawah kerajaan Majapahit.
4.     Prasasti adalah Peninggalan sejarah dalam bentuk batu bertulis.
5.     5 karya sastra yang bercorak Hindu :
-         Kitab Ramayana,
-         Kitab Mahabharata,
-         Kitab Negara Kertagama,
-         Kitab Sutasoma dan
-         Kitab Arjuna Wiwaha.














Lampiran 3
Lembar  Diskusi  Siswa Pertemuan Kedua

Hari / tanggal                           :   ………………………..
Kelas                              :   ……………………….
Nama Kelompok           :   . .………………………..
Nama ketua Kelompok  :   …………………………
Nama anggota kelompok        :   1 …………………………
                                          2 …………………………
                                          3 ………………………….
                                          4 ………………………….
                                          5 ………………………….
 6 …………………………

1.  Tulislah secara singkat tentang Sejarah Kerajaan Hindu di indonesia, di lembar jawaban yang telah diberikan guru!
2.   Carilah 3 perbedaan dari peninggalan kerajaan bercorak hindu dan budha.
3.  Buatlah daftar peninggalan sejarah kerajaan bercorak Budha beserta fungsinya

N0
Nama peninggalan bercorak Budha
Fungsi
1
2
3
4
5
6









Lampiran 4
Soal evaluasi dan kunci jawaban pertemuan kedua
 Soal evaluasi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.     Dimana letak wilayah kerajaan kalingga ?
2.     Dimana letak wilayah kerajaan Sriwijaya ?
3.     Tuliskan 3 prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya?
4.     Mengapa Kerajaan Sriwijaya disebut kerajaan maritim?
5.     Tuliskan 5 candi peninggalan sejarah bercorak Budha ?

kunci jawaban
1       Kerajaan Kalingga terletak di Jawa Tengah
2       Kerajaan sriwijaya terletak di muara sungai musi, Palembang, Sumatra Selatan.
3       Prasasti peninggalan Sriwijaya : Prasasti Kedukan Bukit, Talang tuo, Telaga Batu.
4       Karena kerajaan Sriwijaya memiliki armada laut yang kuat dan tangguh.
5       Candi peninggalan sejarah bercorak Budha : Candi Borobudur, Mendut, Kalasan, Kidal dan Jago.


















Lembar  Diskusi  Siswa Pertemuan Ketiga

Hari / tanggal                           :   ………………………..
Kelas                              :   ……………………….
Nama Kelompok           :   . .………………………..
Nama ketua Kelompok  :   …………………………
Nama anggota kelompok        :   1 …………………………
                                          2 …………………………
                                          3 ………………………….
 4 …………………………
 5 ………………………….
 6 ………………………..

1.  Tulislah secara singkat tentang kerajaan :
     a.           Kelompok I : Kerajaan Samudra Pasai
     b.           Kelompok II         : Kerajaan  Aceh
     c.            Kelompok III        : Kerajaan Demak
     d.           Kelompok IV       : Kerajaan Banten
e.   Kelompok V        : Kerajaan Ternate dan Tidore
     e.    Kelompok VI     : Kerajaan Goa dan Tallo
     Tuliskan jawaban kelompokmu di lembar jawaban yang telah dibagikan oleh guru.
    
2    Buatlah daftar peninggalan sejarah kerajaan bercorak Islam beserta fungsinya

N0
Nama peninggalan bercorak Islam
Fungsi
1
2
3
4
5
6







LEMBAR PENILAIAN
1.    Penilaian proses
       Penilaian Pelaksanaan Diskusi Kelompok

No
Nama Siswa
Menghargai pendapat orang lain
Cara mengemukakan pendapat
Kerjasama
Keaktifan
Jumlah Nilai
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21






22






23






24






25






26






27






28






29






30






31






32






33






34






35






36






37






38






Keterangan : Nilai masing-masing komponen berkisar 1-4
             

2.    Penilaian akhir pembelajaran
       a.   Laporan Diskusi kelompok

Nama kelompok
Aspek yang dinilai
Nilai akhir
Kelengkapan jawaban
Kerapian

Kebersihan
I




II




III




IV




V




VI




     Keterangan : Nilai masing-masing komponen berkisar 1-3
             




















       b.  Laporan nilai evaluasi siswa
No
Nama Siswa
Nilai
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10


11


12


13


14


15


16


17


18


19


20


21


22


23


24


25


26


27


28


29


30


31


31


32


33


34


35


36


37


38


      


{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar