Prediksi UN Antropologi SMA/MA Tahun 2013

Diposting oleh Unknown on Rabu, 06 Maret 2013


1.      Amatilah dengan cermat gambar rumah adat dibawah ini.

Urutan yang benar (1, 2, 3) dari gambar di atas adalah rumah adat :
  1. Batak, Toraja dan Minang
  2. Dayak, Batak dan Minang
  3. Batak, Minang dan Toraja
  4. Minang, Toraja dan Dayak
  5. Minang, Toraja dan Batak

2. Mengembangkan sikap toleran harus terus digalakkan di seluruh lapisan masyarakat agar dapat memperkokoh sendi kehidupan bangsa. Berikut ini adalah contoh kegiatan siswa yang dapat menimbulkan sikap toleransi :
  1. Mendengarkan pelajaran di kelas
B.     Membiasakan berdiskusi secara kontinyu
C.     Mengadakan perlombaan antar kelas
D.     Membaca buku pelajaran
E.      Melaksanakan kegiatan OSIS

3.      Perhatikanlah unsur- unsur budaya berikut ini :
  1. Unsur kebudayaan yang wujudnya abstrak
  2. Unsur kebudayaan yang besar gunanya
  3. Unsur kebudayaan yang sukar disesuaikan dengan keadaan masyarakat
  4. Unsur kebudayaan yang konkret wujudnya
  5. Unsur kebudayaan yang praktis dipakai

Dari pernyataan di atas yang termasuk unsur budaya asing yang mudah diterima adalah :
A.     1, 3 dan 5
B.     1, 4 dan 5
C.     2, 3 dan 4
D.     2, 4 dan 5
E.      3, 4 dan 5

4.      Langkah yang paling strategis yang harus dilakukan oleh setiap anggota masyarakat dalam memecahkan keaneka ragaman budaya Indonesia agar tidak mengarah kepada munculnya konflik adalah .…
  1. menanamkan sikap cinta kebudayaan sendiri agar muncul rasa nasionalisme dan patriotisme
  2. memperbaiki kebijakan pemerintah dalam pembangunan kebudayaan nasional
  3. menggalakkan pertukaran kebudayaan daerah melalui lembaga- lembaga resmi
  4. menanamkan sikap toleransi dan empati sosial dari masing-masing individu
  5. mengoptimalkan kajian dan pemasyarakatan aneka ragam budaya Indonesia.

5.      Para petani penggarap sawah dengan adanya waduk atau bendungan dapat mengairi sawahnya untuk  musim tanam tidak lagi mengandalkan air hujan. Perubahan budaya tersebut disebabkan oleh ….
  1. adanya rasa puas terhadap nilai-nilai yang berlaku
  2. suatu penemuan baru yang tidak dapat diterima masyarakat
  3. adanya perubahan terhadap suatu tatanan yang telah ada
  4. perubahan teknologi yang menguntungkan masyarakat kota
  5. adanya rasa tidak puas terhadap nilai-nilai yang berlaku

6.      Musim hujan sudah tiba, di berbagai daerah terjadi musibah banjir, longsor, angin ribut dan lain- lain. Adanya musibah ini dirasakan pula oleh daerah lain dengan turut merasakan apa yang diderita oleh masyarakat lain. Ini menunjukkan bahwa bangsa kita telah memiliki sikap .…
A.     Empati
B.     Partisipasi
C.     Toleransi         
D.     Fantasi
E.      Simpati

7.      Manusia baik sebagai makhluk individu maupun sosial mempunyai sifat tidak puas terhadap  apa yang  dimiliki dan diraihnya. Mereka  selalu ingin mengejar keinginannya untuk memperbaiki  kehidupannya. Adanya gerak masyarakat secara  terus-menerus ini disebut :
  • A.     dinamika budaya
  • B.     gegar budaya 
  • C.     unsur-unsur budaya 
  • D.     karakteristik budaya 
  • E.      integrasi  budaya
8.      Perhatikanlah pernyataan di bawah ini :
1. Pak Munaji merasa nyaman di rumah setelah rumahnya dicat dan dihiasi dengan acsesoris.
2. Pak Joko telah selesai menggarap sawahnya untuk segera ditanami benih padi
3. Para penumpang Bus Trans Jakarta merasa puas karena pak sopir menjalankan mobil dengan benar
4. Para pengunjung pameran lukisan sedang menikmati indahnya lukisan yang dipamerkan
5. Para wisatawan mancanegara sedang  mengamati pemandangan  pegunungan nan hijau.

Contoh konkrit fungsi seni dari pernyataan di atas adalah .…
  1. 1, 2 dan 3
  2. 1, 3 dan 4
  3. 1, 4 dan 5
  4. 2, 3 dan 4
  5. 2, 4 dan 5
 9.      Salah satu bukti adanya proses globalisasi di kalangan masyarakat Indonesia saat ini adalah .…
  1. adanya proses westernisasi di semua lapisan masyarakat
  2. penggunaan Hand Phone oleh semua lapisan masyarakat
  3. penggunaan budaya luar negeri tanpa filter
  4. perdagangan bebas yang diberlakukan di seluruh dunia
  5. pertukaran budaya di kalangan pelajar antar negara
 10.  Perilaku bangsa Indonesia yang merupakan perwujudan adanya integrasi nasional antara lain sebagai berikut :
  1. Kinerja bangsa yang semakin baik
  2. Menggunakan produk- produk dalam negeri
  3. Kompetisi untuk meraih sukses
  4. Gotong royong dan musyawarah untuk mufakat
  5. Mendirikan lembaga- lembaga sosial.

11.  Gerak atau dinamika budaya sebenarnya merupakan gerak manusia yang hidup dalam masyrakat yang menjadi wadah kebudayaan. Gerak manusia terjadi karena adanya hubungan antar manusia (interaksi sosial). Faktor-faktor pendorong dinamika budaya adalah sebagaimana di bawah ini :

No
Pendorong Dinamika Budaya
A.
B.
.C
D.
E.
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       
6.       

Imitasi
Imajinasi
Identifikasi
Sinopsi
Sugesti
Simpati
V
V
V
V
-
V
-
V
V
V
V
-
V
-
V
-
V
V

V
V
-
V
V
V

V
V
V
V
V
V

12.  Pewarisan budaya akan terus berjalan, baik pada masyarakat tradisional maupun masyarakat modern. Berikut ini adalah contoh pewarisan budaya pada masyarakat tradisional :
  1. Para siswa mengembangkan penalarannya di sekolah
  2. Siswa kelas XII sedang mengkaji buku- buku keagamaan di perpustakaan
  3. Sambil meminum kopi, Pak Unas asyik membaca koran pagi
  4. Bu Nining bercerita kepada anaknya yang hendak tidur
  5. Pak tani sedang menganyam tikar di depan rumahnya

13.  Lembaga adat mempunyai peranan penting dalam proses pewarisanbudaya, antara lain sebagai   berikut :
  1. mewajibkan untuk mengamalkan perbuatan- perbuatan yang terpuji
  2. mendidik anak menjadi cerdas dalam menguasai ilmu pengetahuan
  3. mengajarkan pola hidup yang hemat dengan prinsip- prinsip ekonomi
  4. membentuk masyarakat berpengetahuan luas
  5. mensosialisasikan norma atau aturan yang berlaku

14.  Dewasa ini anak-anak lebih senang  bermain dengan peralatan elektronik dibandingkan permainan tradisional.   Berikut ini merupakan dampak positif permainan elektronik pada masyarakat modern yaitu ….
  1. pertumbuhan jiwa anak semakin cepat
  2. berkembangnya proses sosialisasi
  3. hubungan orang tua dengan anak semakin erat
  4. meningkatkan motivasi dalam belajar
  5. mengasah kecerdasan otak

15.  Di bawah ini contoh proses pewarisan budaya pada masyarakat modern :
  1. Bu Nina sedang bercerita kepada anaknya tentang pengalaman masa penjajahan
  2. Para remaja karang taruna sedang menonton pertandingan sepak bola
  1. Anak Pak Soleh sedang asyik menonton acara di televisi
  2. Anak- anak santri sedang mengaji di sebuah pesantren
  3. Pak Nafis mengajarkan anaknya tentang cara menganyam tikar pandan

16.  Keberadaan pers nasional sangat penting dalam menjaga integrasi bangsa. Peran tersebut antara lain diwujudkan dalam bentuk .…
  • A.     menyiarkan berita secara obyektif dan berimbang 
  • B.     menyiarkan berita sebanyak-banyaknya 
  • C.     turut aserta dalam mencerdaskan masyarakat 
  • D.     mencari nara sumber bidang ekonomi 
  • E.      melakukan investigasi kepada para pakar

17.  Sekolah sebagai lembaga pendidikan, dalam upaya mewujudkan intergrasi nasional berperan .…
  1. mentransfer pengetahuan kepada anak didik
  2. mencerdaskan tunas- tunas bangsa
  3. mengajarkan khazanah budaya bangsa
  4. mendidik moral anak bangsa
  5. mengembangkan kedewasaan anak didik

18.  Dalam proses pewarisan budaya, sekolah memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

NO

PERANAN SEKOLAH

A.
B.
C.
D.
E.
1.
2.
3.
4.
5.
Memperkenalkan, memelihara dan mengembangkan budaya
Mengembangkan kekuatan penalaran
Memperkuat kepribadian
Menumbuh kembangkan semangat kebangsaan
Mengembangkan wawasan dan pengetahuan
V
V
V
-
V
V
-
V
V
V
-
V
V
V
-
V
V
V
V
V
-
V
-
V
V

19.  Perhatikan pernyataan di berikut ini :
1.      Anak muda sedang asyik berkomunikasi dengan menggunakan HP
2.      Ibu- ibu PKK mengenakan pakaian kebaya sedang menyanyikan lagu daerah.
3.      Petugas upacara sedang menaikkan bendera merah putih
4.      Di depan kelas digantungkan lambang negara RI Garuda Pancasila
5.      Pak Musahir mengenakan setelan jas saat menghadiri resepsi pernikahan

Dari pernyataan di atas, yang termasuk wujud dari perbuatan yang merefleksikan integrasi nasional adalah nomor :
  1. 1, 2 dan 3
  2. 1, 3 dan 5
  3. 2, 3 dan 4
  4. 2, 4 dan 5
  5. 3, 4 dan 5

20.  Perhatikanlah pernyataan di bawah ini :
  1. Wilayah negara Indonesia sangat luas
  2. Heteroginitas bangsa Indonesia
  3. Adanya faham etnosentrisme diantara beberapa suku bangsa
  4. Faktor sejarah senasib dan seperjuangan
  5. Adanya simbol kenegaraan dalam bentuk Garuda Pancasila

Dari beberapa pernyataan di atas yang termasuk penghambat integrasi nasional adalah .…
  1. 1, 2 dan 3
  2. 1, 3 dan 5
  3. 1, 2 dan 5
  4. 2, 3 dan 4
  5. 2, 4 dan 5

21.  Fungsi tradisi lisan yang berhubungan dengan integrasi nasional adalah :
  1. sebagai alat bantu proses pendidikan
  2. meningkatkan kesatuan dan persatuan
  3. alat pengesahan budaya secara kolektif
  4. pencerminan budaya dan cita- cita masyarakat
  5. sebagai kekayaan yang dimiliki suatu masyarakat

22.  Di bawah ini adalah contoh kasus penggunaan variasi bahasa sosiolek :
A.     bahasa yang digunakan di kraton Surakarta berbeda dengan yang digunakan oleh rakyat biasa
B.     seorang anak kurang faham ketika membaca sebuah buku yang diterbitkan pada tahun 1950
C.     di daerah Legok Indramayu terjadi kemusnahan salah satu bahasa daerah
D.     orang Batak melafalkan bahasanya dengan keras
E.      orang Jawa dan Sunda sedang bercakap- cakap dalam bahasa Indonesia dengan logatnya masing- masing

23.  Perhatikanlah pernyataan di bawah ini :
  1. Silahkan Pak Menteri duduk di depan
  2. Ambillah yang kamu suka
  3. Kalau mau ambil saja
  4. Mohon Bapak mengizinkan saya
  5. Ayo makan yang banyak

Dari pernyataan di atas yang termasuk variasi bahasa ragam intimate adalah :
A.     1, 2 dan 3
B.     1, 2 dan 4
C.     1, 3 dan 5
D.     2, 3 dan 5
E.      3, 4 dan 5

24.  Perhatikan pernyataan berikut ini :
1. menggunakan bahasa resmi
2. yang di kembangkan sosiolek
3. ragam bahasanya konsultatif
4. menngunakan ragam kasual
5. menggunakan bahasa intimate

Ragam bahasa yang umumnya di gunakan di pasar adalah :
  1. 1, 2, 3
  2. 1, 3, 5 
  3. 2, 3, 4
  4. 2, 3, 5
  5. 3, 4, 5

25.  Salah satu variasi bahasa adalah dialek regional. Ciri dari pada dialek regional adalah .…
  1. dibatasi oleh waktu
  2. dibatasi oleh kondisi
  3. dibatasi oleh tempat
  4. dibatasi oleh ruang
  5. dibatasi oleh situasi

26.  Perhatikan pernyataan berikut :
1.      Paparannya panjang lebar dalam menggunakan bahasa
2.      Cerita peristiwa yang benar- benar terjadi yang ditulis dalam sejarah
3.      Penutur cerita berimprovisasi dengan memperbesar peran tokoh yang disukai
4.      Alur cerita selalu berdasarkan konsep cerita
5.      Dengan gaya cerita pembawanya menambah kelucuan sesuai selera pendengarnya

Dari pernyataan di atas, yang termasuk ciri- ciri tradisi lisan adalah :
A.     1, 2 dan 3
B.     1, 2 dan 4
C.     1, 3 dan 5
D.     2, 4 dan 5
E.      3, 4 dan 5

27.  Reog Ponorogo adalah bentuk teater dalam kelompok drama tari yang berasal dari Ponorogo.  Ia merupakan upacara meminta perlindungan pada kekuatan gaib setempat. Dilihat dari tujuannya, maka Reog Ponorogo berfungsi sebagai ....
A.     sarana hiburan
B.     sarana ritual
C.     sarana pariwisata
D.     sarana estetika
E.      sarana pengembangan moral

28.  Perkembangan seni rupa dapat dibedakan menjadi beberapa periode, yaitu zaman ....
1.      Pengaruh Hindu Budha
2.      Prasejarah
3.      Pengaruh Cina
4.      Setelah mengenal tulisan
5.      Pengaruh Islam
6.      Modern

Dari pernyataan di atas yang termasuk perkembangan seni rupa zaman klasik terdapat pada nomor :
A.     1, 2 dan 3
B.     1, 3 dan 5
C.     2, 3 dan 4
D.     3, 4 dan 5
E.      4, 5 dan 6

29.  Tari Seudati adalah sebagaimana pada gambar berikut :

30.  Adanya globalisasi budaya menyebabkan banyak pengaruh budaya asing yang masuk dan mempengaruhi perkembangan seni di Indonesia . Sikap yang perlu dikembangkan dalam  menghadapi perkembangan seni seperti ini adalah ….
A.     bersikap perduli akan seni yang indah
B.     melestarikan budaya leluhur yang hampir punah
C.     menerima pengaruh asing tanpa seleksi apa adanya
D.     menumbuhkan persatuan dan kesatuan tentang pentingnya seni
E.      menyaring pengaruh budaya asing yang bermanfaat saja

31.  Perhatikan contoh seni pertunjukkan di bawah ini :
1.      Jaipong dari jawa barat
2.      Reog dari Ponorogo
3.      Tayub dari jawa
4.      Wayang Orang dari Jawa Tengah

Dari seni pertunjukkan di atas, yang berfungsi sebagai sarana hiburan adalah ....
  1. 1 dan 2,
  2. 1, 2 dan 3
  3. 1 dan 3
  4. 3 dan 4
  5. 2 dan 4

32.  Tari Baris adalah tarian dalam rangka menyambut kedatangan dewa, ditunjukkan pada gambar  berikut :

33.  Sikap apresiasi terhadap perkembangan seni di Indonesia dapat ditunjukan sebagaimana pernyataan berikut :
  1. semua adat istiadat yang berkembang dalam masyarakat bersumber dari cerita-cerita rakyat
  2. pemerintah selalu mendukung kegiatan lomba mendongeng yang dilaksanakan berbagai pihak
  3. petuah orang tua kepada anak-anaknya yang selalu dikaitkan dengan unsur  tahayul  yang dipercayai
  4. berbagian aktivitas masyarakat masih banyak diwarnai kepercayaan yang bersandar kepada tradisi
  5. gejala alam yang terjadi selalu dihubungkan dengan kekuatan di luar diri manusia

34.  Karya seni tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia karena karya seni merupakan bagian dari kehidupan yang mengekspresikan kehidupan itu sendiri. Dengan kata lain seniman menghasilkan karyanya dengan menggunakan ….
A.     pengalaman dan perasaan pribadinya
B.     pengalaman hidup seseorang
C.     popularitas seseorang
D.     kemampuan manusia menalar lingkungannya
E.      kemampuan estetisnya dalam berkarya.

35.  Gambar di bawah menunjukkan sebuah pertunjukan dramatari ....
 
  1. Calon arang
  2. Pakarena
  3. Mak Yong
  4. Wayang Wong
  5. Hudoq

36.  Gunung Bromo meletus. Di daerah sekitar gunung tersebut terdapat salah satu sub suku Jawa, yaitu sub suku Tengger. Mayoritas kepercayaan orang Tengger adalah :
  1. agama Islam
  2. agama Protestan
  3. agama Katholik
  4. agama Hindu
  5. agama Budha

37.  Masyarakat Indonesia masih banyak yang mempercayai adanya kekuatan roh yang berada di sekeliling tempat tinggal manusia. Mereka juga melakukan berbagai  aktifitas guna melakukan pemujaan terhadap roh. Kepercayaan kepada roh seperti ini disebut .…
  1. Animisme
  2. Dinamisme
  3. Totemisme
  4. Fetisisme
  5. Politheisme

38.  Upacara keagamaan sering diiringi dengan tarian yang bernilai sakral, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Tarian keagamaan tersebut berasal dari Batak  bernama tari :
 
  1. Marpariban
  2. Sigale- gale
  3. Sumangat
  4. Tortor
  5. Rambadia

39.  Pendekatan antropologis terhadap kajian agama, berusaha melihat agama dari hal- hal berikut,   kecuali ....
  1. kelompok pemeluk agama
  2. perspektif sosial agama
  3. sejarah dan perkembangan agama
  4. mengkaji tentang kebenaran suatu agama
  5. melihat tentang pedoman ajaran agama

40.  Perhatikan pernyataan di bawah ini :
1.      Memelihara solidaritas sosial
2.      Mempererat identifikasi diri manusia
3.      Mempererat persatuan
4.      Memberikan kebahagian lahir  batin
5.      Memberikan arahan hidup manusia

Dari pernyataan di atas yang termasuk fungsi sosial agama adalah nomor .…
  1. 1, 2 dan 3
  2. 1, 3 dan 5
  3. 2, 3 dan 4
  4. 2, 4 dan 5
  5. 3, 4 dan 5

41.  Perbedaan religi dengan kepercayaan pada tabel di bawah ini adalah ....
Religi
Kepercayaan
A.     manusia percaya adanya Tuhan.
B.     percaya kepada kekuasaan sakti.
C.     mempercayai kepada para dewa
D.     percaya kepada dewa.
E.      mengenal dunia gaib.
A.      manusia mengenal makhluk-makhluk halus.
B.      patuh dan taat pada nabi.
C.      mengetahui adanya utusan Tuhan.
D.      percaya kepada Tuhan.
E.       menyetujui adanya hari kiamat

42.  Masyarakat yang berada di daerah pedalaman dan terpencil sulit mengalami kemajuan, karena mereka percaya bahwa kebiasaan- kebiasaan yang mereka kerjakan adalah yang terbaik bagi mereka. Kondisi demikian menjadi kendala dalam pewarisan iptek, yaitu ....
  1. curiga dengan unsur- unsur baru
  2. kurang tanggap terhadap perkembangan
  3. kurang motivasi dalam cobaan hidup
  4. prasangka buruk terhadap unsur- unsur luar
  5. mempertahankan sikap tradisionalisme

43.  Perhatikanlah beberapa bentuk ritual di bawah ini :
  1. Acara 7 bulanan bagi wanita yang sedang hamil
  2. Acara potong rambut bayi pada hari ke 7
  3. Acara tahlilan kematian seseorang
  4. Acara memotong kambing atas kelahiran bayi
Acara yang merupakan sinkretismeantara Islam dengan kepercayaan lain adalah nomor .…
  1. 1 dan 3
  2. 2 dan 4
  3. 1, 2 dan 3
  4. 1. 3 dan 4
  5. 2, 3 dan 4

44.  Salah satu contoh perkembangan iptek adalah adanya video game/playstation yang marak di kalangan anak- anak dan remaja di daerah perkotaan. Dampak negatif permainan tersebut bagi kehidupan sosial mereka antara lain adalah :
  1. sering menimbulkan konflik pribadi
  2. menimbulkan ketergantungan pada iptek
  3. menimbulkan kecanduan pada penggunanya
  4. menimbulkan sikap acuh terhadap lingkungannya
  5. menimbulkan perilaku yang brutal dan kasar

45.  Masuknya jaringan internet di desa akan berdampak positif bagi pola pikir masyarakat tersebut contohnya seperti ….
  • A.     pola hidup masyarakat jadi konsumtif 
  • B.     partisipasi rakyat menjadi kuat 
  • C.     berorientasi kepada masa yang lalu 
  • D.     pasrah kepada nasib 
  • E.      berorientasi ke masa depan
 46.  Agama- agama resmi yang ada di Indonesia saat ini adalah :
1.      Islam
2.      Katolik
3.      Protestan
4.      Hindu
5.      Budha
6.      Kong Futse

Agama- agama yang termasuk ke dalam kelompok kepercayaan Panteismeadalah :
A.     1, 2 dan 3
B.     2, 3 dan 5
C.     2, 4 dan 4
D.     3, 4 dan 6
E.      4, 5 dan 6

47.  Masyarakat ”Baduy Dalam” di Kabupaten Lebak Banten merupakan masyarakat adat yang taat mempertahankan tradisinya. Larangan dan pantangan adat masih mereka patuhi, misalnya sebagaimana di bawah ini, kecuali ....
  1. memakai alas kaki
  2. naik kendaraan
  3. berpakaian warna hitan
  4. mencuci pakaian menggunakan  sabun/ detergen
  5. menggunakan alat-alat elektronik

48.  Dalam proses pewarisan iptek diperlukan kesiapan masyarakatnya untuk menerima iptek baru. Akan tetapi masih terdapat banyak kendala yang dapat menghambat perkembangannya. Di bawah ini beberapa kendala dalam pewarisan iptek :

NO
KENDALA IPTEK
A
B
C
D
E
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Sikap tradisionalisme yang berlebihan
Keragaman budaya dalam masyarakat
Sikap berserah diri pada nasib
Luasnya wilayah Indonesia
Rendahnya tingkat pendidikan
Beragamnya keyakinan masyarakat
Kebiasaan suka meniru dalam masyarakat
V
V
V
V

V

-
-
V
-
V
-
V
-
V
-
V
-
V
V
V
-
V
-
V
V
-
V
V
V
V
V
V
V
V
V

49.  Manfaat iptek di bidang produksi adalah .…
  1. memperluas kesempatan dan lapangan kerja
  2. mempermudah, mempercepat dan meningkatkan kualitas hasil
  3. meningkatkan wawasan dan pengalaman di bidang produksi
  4. memberikan kenyamanan dalam bekerja
  5. memperbesar tingkat keamanan dalam membuat suatu produksi

50.  Teknologi tradisional dalam bidang pertanian (terutama dalam hal bercocok tanam) dikenal adanya mangsa. Yang dimaksud dengan mangsa adalah .…
  1. musim dalam bercocok tanam
  2. sasaran dalam bercocok tanam
  3. jenis- jenis tanaman yang cocok untuk ditanam
  4. predator atau pemangsa tanaman
  5. hama yang suka merusak tanaman


Direkomendasikan :

BAHAN PERSIAPAN UN 2013
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPS
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPA
SOAL TRY OUT UN SMP
SOAL TRY OUT UN SD

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar