Try Out UN Antropologi SMA/MA Tahun 2013 Paket 2

Diposkan oleh suhend ra on Rabu, 20 Maret 2013



MATA PELAJARAN

Mata Pelajaran          : ANTROPOLOGI
Jenjang                       : SMA/MA
Program Studi           : BAHASA

PELAKSANAAN

Hari/Tanggal             : 
Jam                             : 

                                                              PETUNJUK UMUM
UN Antropologi SMA/MA Tahun 2013
1.      Isikan identitas Anda ke dalam lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang terssedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk di LJUN.
2.      Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUN
3.      Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut.
4.      Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir terdapat 5 (lima) pilihan jawaban
5.      Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.
6.      Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
7.      Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, table matematika atau alat bantu hitung lainnya.
8.      Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
9.      Lembar soal boleh dicorat-coret untuk mengerjakan hitungan.



PILIHAN GANDA

1.        Perhatikan hal-hal dibawah ini!
(1)      merenovasi istana Pagaruyung yang terkena gempa bumi
(2)      sistem kekerabatan matrilineal yang diwariskan
(3)      menyuguhkan wisatawan dengan tari piring
(4)      teluk bayur merupakan legenda budaya leluhur

Yang merupakan  wujud aktivitas budaya local orang Minangkabau adalah nomor ….
A.       (1) dan (2)
B.       (1) dan (3)
C.       (2) dan (3)
D.       (2) dan (4)
E.        (3) dan (4)

2.        Pengaruh positif budaya asing yang terdapat dalam kehidupan masyarakat yaitu  ….
A.    taat kepada aturan agama
B.     berorientasi ke masa lalu
C.     pasrah kepada nasib
D.    mementingkan diri sendiri
E.     berorientasi ke masa depan

3.        Generasi muda Indonesia dalam berbudaya sering mengikuti model dari negara barat. Dalam hal ini generasi muda Indonesia tersebut telah membuat perubahan budaya  melalui proses ….
A.    discovery
B.     invention
C.     inovasi
D.    modernisasi
E.     westernisasi
4.        Dampak positif dari adanya hubungan antar budaya yang terdapat dalam masyarakat yaitu  .…
A.    memperluas cakrawala masyarakat tentang budaya
B.     menghilangnya budaya asli bangsa Indonesia
C.     munculnya konflik sosial yang tak terhindarkan
D.    dapat menambah keanekaragaman budaya daerah
E.     bertambahnya perbendaharaan kata dalam bahasa Indonesia

5.        Manusia baik manusia tradisional maupun manusia modern memiliki rasa tidak puas, misalnya tidak puas dengan materi yang sudah dimiliki. Rasa tidak puas tersebut merupakan factor pendorong adanya  .…
A.    internalisasi budaya
B.     integrasi budaya
C.     dinamikaka budaya
D.    relativitas budaya
E.     karakteristik budaya

6.        Perhatikan pernyataan berikut:
(1)      dapat diuji kebenarannya
(2)      digunakan oleh masyarakat setempat
(3)      berlaku universal
(4)      bersifat subyektif

Berdasarkan pernyataan tersebut di atas yang merupakan syarat pengetahuan adalah nomor  .…
A.       (1) dan (2)
B.       (1) dan (3)
C.       (2) dan (3)
D.       (2) dan (4)
E.        (3) dan (4)

7.        Seorang ibu menceritakan pengalaman hidupnya  kepada tokoh adat Baduy dengan bahasa  Sunda kepada anaknya. Dalam hal ini bahasa berfungsi untuk ….
A.    alat untuk memaksakan peraturan atau adat cerita kepada orang lain
B.     alat  untuk menentukan suatu kekuasaan
C.     alat menyampaikan pesan, cerita kepada orang lain
D.    alat untuk menentukan suatu adat istiadat
E.     alat  untuk mengembangkan iptek yang ada

8.        Perhatikan pernyataan dibawah ini!
(1)      kurang interaksi dengan masyarakat lain
(2)      terlalu mengagungkan tradisi
(3)      adanya penemuan baru
(4)      rasa tidak puas terhadap sesuatu
(5)      adanya penyimpangan nilai yang ada

Setiap kebudayaan selalu berubah.  Perubahan merupakan salah satu sifat dari kebudayaan. Dari pernyataan diatas,  yang merupakan factor pendorong perubahan budaya adalah ….
A.  (1), (2) dan (3)
B.  (1), (3) dan (5)
C.  (2), (3) dan (4)
D.  (2), (4) dan (5)
E.   (3), (4) dan (5)

9.        Tindakan yang dapat menghambat proses integrasi nasional adalah  .…
A.    memakai baju batik setiap hari jumat bagi pegawai
B.     hilangnya kebanggaan sebagi sebuah bangsa
C.     menyanyikan lagu Indonesia raya pada kegiatan formal
D.    adanya intervensi pihak asing
E.     mengenakan kopiah hitam ketika ibadah haji
10.    Perhatikan pernyataan berikut:
(1)      mempertahankan bahasa
(2)      melanjutkan ekonomi keluarga
(3)      melanggengkan kekuasaan
(4)      melanjutkan keturunan

Berdasarkan pernyataan tersebut di atas yang termasuk tujuan pewarisan budaya pada masyarakat modern adalah nomor ….
A.       (1) dan (2)
B.       (1) dan (4)
C.       (2) dan (3)
D.       (2) dan (4)
E.        (3) dan (4)

11.    Perhatikan ciri-ciri di bawah ini:
(1)      menggunakan bahasa ibu ketika berkomunikasi
(2)      bercakap-cakap secara informal
(3)      logis dalam percakapan
(4)      berkomunikasi secara formal

Berdasarkan pernyataan tersebut di atas yang termasuk ciri-ciri bahasa yang digunakan di pasar ditunjukkan oleh  nomor ….
A.              (1) dan (2)
B.              (1) dan (4)
C.              (2) dan (3)
D.              (2) dan (4)
E.               (3) dan (4)

12.    Orang Jawa dialek Tegal dapat berkomunikasi dengan orang Jawa berdialek Jogja. Dari contoh ini  memberi arti bahwa…….
A.       bahasa merupakan  alat pemersatu bangsa yang berbeda-beda
B.       bahasa merupakan aspek keragaman  budaya universal di masyarakat
C.       dialek Jogja merupakan salah satu aspek keunikan orang Indonesia
D.       dialek Jogja memiliki kesamaan pengucapan dengan dialek Banyumasan
E.        dialek Jogja merupakan salah satu aspek keragaman pengucapan bahasa Jawa

13.    Jika lomba cerita dongeng atau pantun yang dipubliksikan melalui stasiun TVRI ke peloksok wilayah nusantara akan berdampak positif bagi pelajar.  Dalam uraian tersebut di atas bahwa tradisi lisan berfungsi ….
A.  alat pengembangan budaya setempat
B.  alat pengesahan pranata-pranata yang ada
C.  sebagai alat pewaris suatu nilai atau norma
D.  sebagai alat pengawas dan pemaksa norma-norma masyarakat
E.   sebagai alat pendidik anak

14.    Di antara keluarga dalam suatu masyarakat yang belum mengenal tulisan salah satu jenis tradisi lisan yang mudah disampaikan  dan cepat difahami adalah melalui   ....
A. Mite
B. Legenda
C. Dongeng
D. Petuah
E. Nasehat
  
15.    Perhatikan hal-hal dibawah ini!
(1) Tangkuban Perahu
(2) Tujuh Manusia Harimau
(3) Si Kabayan
(4) Mak Lampir

Dari beberapa tradisi lisan diatas, tradisi lisan yang berasal dari Legenda Masyarakat Sumatra adalah…..

  • A.  (1) dan  (2) 
  • B.  (1) dan (3) 
  • C.  (2) dan (3) 
  • D.  (2) dan (4) 
  • E.   (3) dan (4)

16.    Dampak berkembangnya IPTEK terhadap perkembangan tradisi lisan antara lain adalah ....
A.  lomba pantun diwajibkan bagi daerah perbatasan
B.  lomba mengarang lagu daerah antar siswa di satuan pendidikan
C.  para warga masyarakat rela mendirikan sanggar seni daerah
D.  lomba cerita lisan wajib ditayangkan di televisi swasta nasional
E.   lagu daerah yang terkenal di kirim ke mancanegara

17.    Perhatikan pernyataan berikut ini:
(1)      mengadakan lomba atau cerita secara berulang-ulang
(2)      menjual buku-buku tradisi lisan ke masyarakat
(3)      memfasilitasi pertunjukkan seni tradisional
(4)      menghargai keturunan penulis tradisi lisan

Yang merupakan faktor penyebab kelangsungan tradisi lisan lewat pendidikan non-formal adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

18.    Perhatikan pernyataan berikut ini:
(1)      kulit pucat
(2)      mata sipit
(3)      mata bulat
(4)      rambut keriting

Yang merupakan ciri fisik ras Austronesia (Mongoloid) pada pernyataan di atas ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

19.    Karakteristik bahasa Papua yang ada kaitannya dengan pola kalimat berdasarkan sudut pandang fonologi yaitu ….
A.    O.P.S (objek, predikat, subjek)
B.     O.S.P (objek,subjek, predikat)
C.     S..P.O (subjek,predikat, objek)
D.    P.S.O (predikat, subjek, objek)
E.     S.O.P (subyek,objek,  predikat)


20.    Asal usul dasar penyebaran bahasa Austronesia adalah ….
A.    Taiwan
B.     Madagaskar
C.     India
D.    Tiongkok (China)
E.     Filipina

21.    Perhatikan peta di bawah ini
                           
Secara genealogis wilayah persebaran bahasa Papua yang didiami suku Asmat adalah nomor ….
A.              (1)
B.              (2)
C.              (3)
D.              (4).
E.               (5)

22.    Dalam sejarah perkembangan seni patung, bahwa patung leluhur itu sangat penting dibuat, alasannya    adalah untuk  ....
A.  seni patung leluhur wajib dibuat akibat pengaruh Hindu dan Budha
B.  menggambarkan ikatan kekerabatan yang tinggi karena status social mereka sama
C.  warisan leluhur yang pasti dipertahankan kepada generasi berikutnya
D.  seni patung leluhur wajib dibuat karena terbuat dari batu yang dipahat
E.   menggambarkan ikatan antara yang hidup dengan nenek moyang mereka

23.    Berdasarkan periodisasinya tokoh angkatan pujangga baru yang berorientasi ke barat dan berorientasi ke Timur yaitu ....


Orientasi Barat
Orientasi Timur
A
Sutan Takdir Alisyahban
Sanusi Pane
B
Chairil Anwar
Taufik Ismail.
C
Merari Siregar
Marah Rusli
D
Armyn Pane
Amir Hamzah
E
Marah Rusli
Chairil Anwar.

24.    Perhatikan contoh berikut ini:
1.    pemilihan hari bersifat sakral
2.    hari jumat adalah hari yang baik
3.    penampilan bersifat estetis
4.    menggunakan seperangkat sesaji

Dari pernyataan tersebut di atas,fungsi ritual seni pertunjukkan adalah nomor ....
A.              1 dan 2
B.               1 dan 3
C.               1 dan 4
D.              2 dan 3
E.               3 dan 4
25.    Contoh  seni pertunjukkan yang berfungsi  sebagai sarana ritual dengan sarana hiburan pada tabel di bawah ini adalah ....

Sarana ritual
Sarana hiburan
A
Tari Gambyong Pareanom
Dramatari calonarang
B
Hudoq
Ronggeng Melayu
C
Ketoprak
Wayang golek
D
Tari Kecak
Tari Hudoq
E
Wayang wong
Tari Jaipongan

26.    Salah satu bentuk kepedulian masyarakat terhadap perkembangan seni pertunjukkan di daerah tertentu yang terkait dengan pewarisan budaya leluhur antara lain  ....
A. mendirikan sanggar tari tradisional di luar negeri
B. memberikan piala citra bagi artis film terkenal
C. menyelenggarakan festival patung ondel-ondel
D. membuat wadah organisai seni secara permanen
E. memberikan penyuluhan pada perajin batik tulis

27.    Perhatikan pernyataan berikut ini :
(1)      percaya adanya dewa-dewa
(2)      percaya bahwa batu akik/keris mempunyai kekuatan
(3)      percaya bahwa roh ada di amana-mana
(4)      tumbuhan/binatang digunakan sebagai tempat pemujaan

Pernyataan diatas yang termasuk ciri kepercayaan dinamisme dan animisme adalah  ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

28.    Perhatikan pernyataan berikut ini :
(1)      sawah sudah beralih jadi perumahan terpaksa kebun dijadikan lahan persawahan
(2)      karena padi banyak terkena hama wereng maka diganti dengan menanam tebu
(3)      dulu membajak menggunakan kerbau diganti dengan tenaga mesin
(4)      membiarakan lahan persawahan kosong pada waktu musim kemarau
(5)      menanam padi dengan diiringi sesajen oleh petani penggarap

Pernyataan diatas yang termasuk unsur-unsur kepercayaan /religi adalah nomor...
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (5)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)

29.    Perhatikan beberapa pernyataan di bawah ini !
(1)       keberadaannya bersifat mutlak dan tahan uji terhadap kritik rasional manusia
(2)       ajarannya melalui perantaraan para rasul
(3)       kitab sucinya didasarkan kepada filsafat tertentu
(4)       kebenaran ajarannya seringkali tidak tahan uji secara rasional

Pernyataan diatas yang menunjukkan unsur-unsur kepercayaan terdapat pada nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (3)
E. (3) dan (4)
30.    Pada tabel berikut perbedaan antara agama wahyu dengan agama bumi ditinjau berdasarkan sumbernya adalah ....

Agama wahyu
Agama bumi
A
ahli agama
ahli adat istiadat
B
kitab suci
peraturan manusia
C
warisan nenek moyang
warisan orang tua
D
berasal dari Tuhan (Illhi)
hasil ciptaan manusia
E
manusia yang suci
Nabi atau Rasul

31.    Perhatikan tabel di bawah ini !


Agama Wahyu

Agama Bumi
1.
2.

3.
4

5

ajarannya mengandung banyak tafsir
mempunyai kitab suci berdasarkan wahyu Tuhan
konsep ketuhanannya politheisme t
sistem berpikirnya sama dengan sistem berpikir masyarakat penganutnya
tidak terpengaruh oleh perubahan masyarakat
1.
2.

3.
4

5
ajarannya tegas dan jelas
mempunyai kitab suci berdasarkan wahyu Tuhan
konsep ketuhanannya monotheisme
sistem berpikirnya sama dengan sistem berpikir masyarakat penganutnya
dapat terpengaruh oleh perubahan masyarakat

Berdasarkan tabel diatas yang merupakan perbedaan pokok agama wahyu dengan agama bumi yang terkait tahan uji kepada hal-hal tertentu terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

32.    Perbedaan religi dengan kepercayaan dalam hal asal muasal pada tabel di bawah ini adalah ....

Religi
Kepercayaan
A. percaya kepada dewa.
B. percaya kepada kekuasaan sakti.
C. mempercayai dewa yang jahat.
D. manusia percaya adanya Tuhan.
E. mengenal dunia gaib.
A. percaya kepada Tuhan.
B. patuh dan taat pada nabi.
C.  mengetahui adanya utusan Tuhan.
D.  manusia mengenal makhluk2 halus.
E.  menyetujui adanya hari kiamat

33.    Perhatikan pernyataan berikut ini :
(1)      upacara di pure berjalan tertib dan damai
(2)      patung dan salib dijadikan symbol penebus dosa manusia
(3)      seorang muslim khususk sholatnya di masjid
(4)      komunitas keagamaan terpupuk solidaritasnya ketika upacara

Pernyataan diatas yang termasuk unsur pokok  emosi keagamaan adalah nomor ....
  1. (1) dan (2)
  2. (1) dan (3)
  3. (1) dan (4)
  4. (2) dan (3)
  5. (3) dan (4)
34.    Salah satu upaya untuk menghadapi keberagaman agama agar tidak terjadi perselisihan / konflik yaitu  ....
A.    menerima bantuan sarana ibadah
B.     melakukan pertukaran antar tokoh agama
C.     mengikuti upacara keagamaan saling bergantian
D.    mengirim tokokh agama demi syariat agama
E.     munsyawarah serta mufakat sesama tokoh agama

35.    Fungsi  agama bagi masyarakat yang berkaitan dengan pengawasan sosial yaitu ....
A.  larangan untuk mencuri hak orang lain yang bukan miliknya
B.   menyeleksi baik dan buruknya kadar keyakinan masyarakat
C.   mendekati tokoh masyarakat agar pelaksanaan ibadah efektif
D.  penanaman budi pekerti secara optimal pada anak usia dini
E.   menganjurkan umat manusia untuk peka terhadap lingkungan sekitar

36.    Salah satu hambatan sosial dalam pengembangan iptek yaitu ....
A.  hubungan masyarakat dengan inovasi teknologi yang ada semakin efektif digunakan
B.  masysrakat dan kebudayaan akan harmonis dengan adanya inovasi teknologi yang ada
C.  hubungan antara individu dan inovasi teknologi bertentangan dengan pranata sosial yang ada
D.  membuat pengetahuan baru bagi masyarakat sehingga teknologi dapat berkembang pesat
E.   hubungan antara individu dan inovasi teknologi saling mendukung demi kemajuan masyarakat

37.    Penayangan seni budaya berbagai daerah di Nusantara melalui televisi besar perannya bagi pengembangan budaya bangsa  di bidang pendidikan karena dapat berpengaruh positif yaitu ....
  • A. menimbulkan rasa kecewa terhadap budaya sendiri 
  • B.  mendidik masyarakat dalam penyerapan nilai-nilai budaya 
  • C. menjadi lemh budaya nasional dengan hadirnya budaya asing 
  • D.menjadi lemah budaya nasional dengan kemajuan budaya asing 
  • E.  mendorong sikap tidak senang kepada budaya asing
38.    Perhatikan pernyataan di bawah!
(1)      sikap pasrah terhadap suatu keadaan
(2)      menolak semua perubahan
(3)      percaya pada ilmu dan teknologi
(4)      terbuka terhadap pembaharuan

Proses yang dapat mempercepat penerapan iptek pada masyarakat  ditunjukkan oleh pernyataan nomor ....
A.       (1) dan (2)
B.       (1) dan (3)
C.       (2) dan (3)
D.       (2) dan (4)
E.        (3) dan (4)

39.    Beberapa cara pemecahan masalah dalam menanggulangi dampak negatif perkembangan iptek yang terkait di bidang ekonomi antara lain ....
A.    memberikan bantuan kepada petani dengan bunga rendah
B.     memberi pelatihan kepada warga untuk mendirikan koperasi
C.     mendirikan proyek padat karya di desa-desa terpencil
D.    mendirikan pabrik baru dilokasi pemukiman warga
E.     memberikan layanan gratis kepada warga miskin

40.    Salah satu contoh cara menghargai iptek terkait program intensifikasi pertanian di pedesaan yaitu ….
A.                                                                          memperluas area pesawahan secara paksa
B.                                                                           meningkatkan produksi padi dengan cepat dan tahan lama
C.                                                                           meningkatkan nasib petani melalui pemberian mesin pemotong padi
D.                                                                          menambah pendapatan dan  penghasilan daerah ketika panen
E.                                                                           meningkatkan lahan pertanian agar petani makmur

41.    Pengertian etnografi yang tepat yaitu  ....
  1. gambaran suku bangsa yang ada di dunia dibandingkan dengan kehidupan orang tradisional ketika beradaptasi dan tinggal di perkotan
  2. siklus kehidupan manusia yang secara rutin diwariskan kepada generasi berikutnya sepanjang masa dalam kehidupan manusia
  3. menggambarkan sekelompok masyarakat yang dianggap terpinggirkan kehidupannya atau untuk melukiskan kehidupan yang sesungguhnya
  4. praktik penelitian yang dilakukan peneliti untuk mengetahui kehidupan manusia dalam menjag keutuhan manusia
  5. cara untuk melukiskan pengetahuan tentang kebudayaan suatu masyarakat tertentu dalam kurun waktu tertentu

42.    Jika dalam penelitian kuantitatif yang menggunakan model survey kita kenal dengan istilah responden, maka dalam penelitian kualitatif dalam studi etnografi kita kenal dengan istilah ....
A.    mata-mata
B.     jaringan
C.     actor intelektual
D.    informan
E.     detektif

43.    Perhatikan pernyataan berikut ini :
(1)      informan menjadi subyek penelitian secara sukarela
(2)      keberhasilan antropoloog untuk diterima di masyarakat
(3)      pandangan si peneliti tentang proses penelitian
(4)      pandangan masyarakat yang sedang diteliti

Dari pernyataan tersebut diatas cara pandang emik dan etik dalam metode etnografi adalah nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

44.    Seorang antropolog tidak akan terpaku dan terikat hanya pada pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya ketika meneliti didaerah tertentu, namun dapat mengembangkan sesuai jawaban informan di lapangan. Jika disimpulkan teknik pengumpulan data dari penjelasan ini termasuk  ....
A.  observasi
B.  wawancara mendalam
C.  catatan lapangan
D.  angket
E.   survey

45.    Salah satu contoh studi etnografi dalam sistem religi di Indonesia antara lain ….
A.              pelaksanaan khotbah sebelum sholat jumat dilakukan
B.               zakat penghasilan diberikan di bulan ramadhan
C.               sang hyang dewi sri perlu diupacarakan oleh petani
D.              memasang bendera putih ketika pindah rumah
E.               cukur rambut ketika bayi berusia 40 hari

46.    Perhatikan pernyataan berikut:
(1)      bahasa alat komunikasi yang efektif
(2)      semua kegiatan manusia mudah dipahami dengan bahasa
(3)      menunjukkan jati diri sesorang terlihat dengan bahasanya
(4)      struktur bahasa dapat dikukur melalui kosa kata
Berdasarkan pernyataan tersebut diatas yang termasuk fungsi etnolinguistik yaitu nomor  ….
A.                                                                          (1) dan (2)
B.                                                                           (1) dan (4)
C.                                                                           (2) dan (3)
D.                                                                          (2) dan (4)
E.                                                                           (3) dan (4)
47.    Perhatikan peta di bawah ini
 
Suku bangsa di atas yang ditunjukkan oleh nomor 2 dan 3 adalah ....
  1. Suku bangsa Batak dan  Jawa
  2. Suku bangsa Jawa dan Dayak
  3. Suku bangsa Papua dan Toraja
  4. Suku bangsa Dayak dan Jawa
  5. Suku bangsa Dayak dan Toraja

48.    Perhatikan pernyataan di bawah ini:
(1)      Tagalog
(2)      Muna
(3)      Melayu
(4)      Wolio

Berdasarkan pernyataan tersebut di atas bahasa  yang mudah ditemui di wilayah Sulawesi Tenggara sebagai rumpun bahasa dengan sistem diathesis campuran dengan persesuaian pronominal yaitu nomor ....
  1. (1) dan (2)
  2. (1) dan (4)
  3. (2) dan (3)
  4. (2) dan (4)
  5. (3) dan (4)

49.    Salah satu wujud komunikasi hasil kajian etnografi yang terkait dengan isi artikel yaitu ....
A.    rujukan bersifat proposional
B.     menjawab semua masalah yang diteliti
C.     mengetahui karakteristik peneliti
D.    tersusun dengan kalimat panjang
E.     judul artikel hendaknya informatif

50.    Salah satu manfaat laporan studi etnografi dalam kaitannya dengan proses pembelajaran di sekolah antara lain ....
A.    menguntungkan peneliti demi peningkatan profesinya
B.     melatih siswa untuk menyenangi penelitian ilmiah
C.     menguntungkan budaya lokal karena seringnya diteliti
D.    memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam mengerjakan tugas
E.     mempermudah perkembangan ilmu antropologi modern


Untuk mendapatkan soal Try Out UN  SOSIOLOGI  SMA/MA Program IPS Tahun Pelajaran 2012/2013 SECARA LENGKAP dapat mendownload file dalam format word, silakan Klik link dibawah ini:

BAHAN PERSIAPAN UN SMA 2013

Soal Try Out UN SMA/MA  Program  IPS  Terbaru Tahun 2013  Paket 2:
Soal Try Out UN SMA/MA  Program  IPS  Terbaru Tahun 2013 Paket 1 :
Soal Try Out UN SMA/MA  Program IPA Terbaru Tahun 2013 Paket 1 :

Soal Try Out UN SMA/MA  Program  Bahasa Terbaru Tahun 2013 Paket 1:

SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPS
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPA
Aprudin, S.Pd.I

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar