Try Out UN Bahasa Indonesia SMA/MA Jurusan Bahasa Paket 1 Tahun 2013

Diposting oleh Unknown on Selasa, 12 Maret 2013



MATA PELAJARAN

Mata Pelajaran          : BAHASA INDONESIA
Jenjang                       : SMA/MA
Program Studi           : BAHASA

PELAKSANAAN

Hari/Tanggal             :  Rabu, 23 Januari 2013
Jam                             :  11.00 – 13.00 WITA

                                                              PETUNJUK UMUM
UN SMA/MA
1.      Isikan identitas Anda ke dalam lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang terssedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk di LJUN.
2.      Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUN
3.      Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut.
4.      Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir terdapat 5 (lima) pilihan jawaban
5.      Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.
6.      Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
7.      Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, table matematika atau alat bantu hitung lainnya.
8.      Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
9.      Lembar soal boleh dicorat-coret untuk mengerjakan hitungan.



PILIHAN GANDA

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 3.
Bacalah kutipan berikut dengan saksama!

( 1 ) Jumlah anak yang turun ke jalan untuk mencari nafkah tampaknya dari hari ke hari akan terus naik. ( 2 ) Dari data Kementerian Soial jumlah anak Jalanan pada tahun 1997 masih sekitar 36.000, sekarang menjadi sekitar 232.894. ( 3 ) Kenaikan itu dapat dilihat secara kasat mata di perempatan jalan ibu kota maupun dikota kecil. ( 4 ) Dengan sangat mudah kita dapat menjumpai lelaki atau perempuan meminta-minta atau mengamen. ( 5 ) Fenomena anak jalanan seperti itu sebelum tahun 2000 hanya bisa dilihat di kota besar, seperti Jakarta atau Surabaya.

1.        Ide pokok  paragraf  tersebut adalah . . . .
A.    anak jalanan di Jakarta dan Surabaya
B.     jumlah anak di perempatan jalan
C.     jumlah anak yang mencari nafkah
D.    kenaikan jumlah anak untuk mencari nafkah
E.     kenaikan jumlah anak yang turun ke  jalan mencari nafkah

2.        Opini dalam paragraf  tersebut terdapat pada kalimat nomor . . . .
A.    ( 1 ) dan ( 2 )
B.     ( 1 ) dan ( 3 )
C.     ( 1 ) dan ( 4 )
D.    ( 2 ) dan ( 4 )
E.     ( 2 ) dan ( 5 )

 3.        Fakta dalam paragraf  tersebut terdapat pada kalimat nomor . . . .

  • A.    ( 1 ) dan ( 2 ) 
  • B.     ( 1 ) dan ( 3 ) 
  • C.     ( 1 ) dan ( 4 ) 
  • D.    ( 2 ) dan ( 4 ) 
  • E.     ( 2 ) dan ( 5 )

 Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal 4 dan 5 !

Pertambangan batu bara di Indonesia telah berlangsung empat puluh tahun lebih sejak keluarnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1967 tentang pokok-pokok pertambangan
Yang kemudian  diganti dengan Undang-Undang Pertambangan Mineral dan Batubara Tahun 2009. Undang=undang ini telah menjadi landasan eksploitasi sumber daya mineral dan batu bara secara besar-besaran untuk mengejar pertumbuhan ekonomi. Industri batu bara Indonesia telah berkembang dengan pesat dalam waktu singkat. Dengan demikian, perubahan undang-undang berdampak positif  terhadap  pertumbuhan ekonomi.

4.        Simpulan  isi paragraph tersebut adalah . . . .
A.    Program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan pastilah akan terwujud.
B.     Produksi batu bara telah  membuka lapangan kerja untuk para pengangguran.
C.     Perubahan undang-undang berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi.
D.    Perubahan undang-undang berdampak negatif  terhadap perkembangan  batu bara.
E.     Pertambangan batu bara di Indonesia telah berlngsung empt puluh tahun lebih.

5.        Arti eksploitasidalam paragraph tersebut adalah . . . .             
A.    Pemanfaatan sesuatu yang memberikan keuntungan untuk hanya diri sendiri.
B.     Pemerasan tenaga orang lain untuk memperoleh keuntungan yang sangat besar.
C.     Pengusahaan industry dengan cara besar-besaran dalam bidang pertambangan.
D.    Perencanaan dengan sungguh-sungguh atas sesuatu yang akan diusaha seseorang.
E.     Pengerukan kekayaan secara besar-besaran tanpa memperhatikan lingkungan.

Bacalah paragraf   berikut untuk menjawab soal 6 dan 7 !

(1) Banyak alasan orang  tidak hobi atau tidak suka membaca. (2) Mereka menganggap kegiatan  membaca itu merupakan kegiatan yang menita waktu sehingga membosankan. (3) Yang paling parah lagi, ada yang mengatakan membaca kurang bermanfaat bagi dirinya. (4) Ada pula yang berpendapat kalau orang hobi membaca akan menjadikannya  ia pemalas karena waktu dihabiskan hanya untuk membaca. (5) Banyak juga yang berpendapat membaca juga menimbulkan kejenuhan.

6.        Ide pokok paragraph tersebut adalah . . . .
A.    Pendapat tentang membaca
B.     Memahami tujuan membaca
C.     Waktu tersedia untuk membaca
D.    Alasan tidak hobi membaca
E.     kejenuhan dalam membaca

7.        Kalimat utama paragraf   tersebut terdapat pada kalimat nomor . . . .
A.    ( 1 )
B.     ( 2 )
C.     ( 3 )
D.    ( 4 )
E.     ( 5 )
                       

Cermati isi paragraf   tajuk rencana berikut !
Paragraf   untuk menjawab  soal nomor 8 dan 9!

Masyarakat  yang  memiliki nilai kewiraswastaan bukanlah berarti masyarakat yang  kaya akan materi, tetapi ia adalah masyarakat yang akan  motivasi kerja. Masyarakat yang gemar berprestasi selalu berusaha meningkatkan diri dengan  segala bentuk usaha. Sehingga dengan demikian masyarakat  itu merupakan subyek yang terlatih untuk selalu berpikir kreatif dan senantiasa berusaha mengembangkan diri dengan arah yang  positif. Dengan demikian kewiraswastaan masyarakat adalah masyarakat yang  kaya akan motivasi kerja, gemar berprestasi, berpikir kreatif, dan selalu mengembangkan diri.

8.        Pendapat penulis atau editorial  dalam teks tersebut adalah . . . .
A.    Masyarakat kewiraswastaan berarti masyarakat   yang kaya akan materi dan memiliki aktivitas dan kreativitas yang tinggi yang dapat dimanfaatkan.
B.     Masyarakat  yang memiliki nilai kewiraswastaan selalu melihat hal-hal secara kreatif dan berusaha untuk mengolanya dengan hal-hal yang positif.
C.     Masyarakat yang kaya akan motivasi kerja adalah masyarakat yang gemar berprestasi selalu berusaha meningkatkan diri dengan segala bentuk usaha.
D.    Nilai kewiraswastaan masyarakat adalah masyarakat yang kaya akan motivasi kerja, gemar berprestasi, berpikir kreatif, dan selalu mengembngkan diri.
E.     Kreativitas masyarakat merupakan subyek yang terlatih untuk selalu berpikir kreatif dan senantiasa berusaha mengembangkan diri kea rah hal positif.

9.        Keberpihakan dalam teks editorial terdapat dalam kalimat . . . .
A.    Masyarakat secara umum.
B.     Pemerintah secara keseluruhan.
C.     Advertaising  secara luas.
D.    Masyarakat  yang kaya motivasi kerja.
E.     Perusahaan  yang mau bekerja sama.


Paragraf  1
Hakikat hidup adalah bekerja. Dapat dikatakan bahwa salah satu cirri manusia hidup adalah bekerja. Oleh karena itu, bekerja tidak bisa dilepaskan  dari kehidupan manusia, baik secara fisik maupun psikis.
Paragraf  2
Antara   bekerja dan kesehatan manusia saling berhubungan bahkan saling berpengaruh. Hal ini terbukti misalnya dari kenyataan bahwa seseorang menjadi lebih sehat bila ia bekerja daripada tidak bekerja.  Atau kenyataan yang lain sebaliknya, yaitu seseorang yang bekerja malah menjadi sakit karena kondisi pekerjaannya tidak sesuai dengan karakteristik orang itu.

10.    Perbedaan dalam kedua paragraph di atas adalah . . . .
A.    Paragraf  1  menyoroti hakikat bekerja dan paragraf  2  menyoroti hubungan bekerja dengan kehidupan.
B.     Paragraf  1  menyoroti  hakikat hidup dan paragraf  2  meyoroti hubungan bekerja dengan kesehatan.
C.     Paragraf 1 menyoroti cirri manusia bekerja dan paragraph  2 menyoroti manfaat bekerja.
D.    Paragraf   1  menyoroti masalah bekerja dalam kehidupan manusia dan paragraph  2 menyoroti kesehatan manusia ditentukan pekerjaannya.
E.     Paragraf  1  menyoroti factor fisik dan psikis dan paragraph 2 menyoroti karakteristik seseorang.





Cermati paragraf  berikut !

Siswa yang try out materi Bahasa Indonesia Ujian Nasional diberikan tugas oleh guru untuk menjawab soal prediksi materi Bahasa Indonesia Ujian Nasional. Setelah selesai, jawaban soal tersebut dikumpulkan dan langsung diperiksa dan dibahas jawabannya. Dari jumlah 38 orang  siswa yang menjawab betul 100 % 5 orang,  90 % betul 5 orang,  80 % betul 15  orang,  70 %  betul 10 orang, dan sisa 3 orang di bawah  60 % . Jadi, siswa yang terkategori menguasai materi sangat sedikit.10

11.    Perbaikan yang tepat untuk simpulan yang benar untuk paragraf  generalisasi yang benar di atas adalah . . . .
A.  Dapat dikatakan hasil siswa yang mengikuti try out materi Bahasa Indonesia Ujian Nasional terkategori bagus.
B.  Siswa yang mengikuti try out materi Bahasa Indonesia Ujian Nasional semanya sudah menguasai dengan baik.
C.  Boleh dikatakan siswa yang mengikuti try outmateri Bahasa Indonesia Ujian      Nasional yang akan dihadapi.
D.  Jadi, guru tidak perlu cemas lagi terhadap persiapan siswa dalam menghadapi Ujian Nasioanal yang akan dihadapi.
E.   Dengan demikian, guru sudah sangat siap mempersiapkan siswanya untuk menghadapi Ujian Nasional  tahun ini.


Teks berikut untuk menjawab soal nomor 12-13 !
Bacalah dengan saksama!

Teks  ke-1
Pada umumnya, bising bernada tinggi sangat menggannggu, apalagi bila terputus-putus atau yang datangnya tiba-tiba. Gangguan dapat berupa peningkatan  tekanan darah (  + 10  mmHg ), peningkatan nadi, kontriksi pembuluh darah perifer, terutama pada tangan dan kaki, serta dapat menyebabkan pucat dan gangguan sensoris.
Teks ke-2
Bising dengan intensitas tinggi dapat menyebabkan pusing/sakit kepala. Hal ini disebabkan bising dapat merangsang situasi reseptor vestibular dalam telinga yang akan menimbulkn efek pusing/vertigo. Perasaan  mual, susah tidur, dan sesak nafas disebabkan oleh rangsangan bising terhadap system saraf, keseimbangan organ, kelenjar endokrin, tekanan darah,  system pencernaan, dan keseimbangan elektrolit.

12.    Kesamaan topik dari kedua teks tersebut adalah . . . .
A. Gangguan bising pada kehidupan
B. Cara mengatasi bising yang tinggi
C. Efek bising terhadap gangguan saraf
D. Penyebab bising yang tinggi
E. Dampak bising terhadap kesehatan

13.    Gagasan yang sesuai dengan kedua teks tersebut adalah . . . .
A. Bising dapat menimbulkan tekanan darah naik dengan seketika.
B. Bising yang terputus-putus dapat ketidakseimbangan organ.
C. Perasaan mual dan sesak nafas disebabkan oleh rangsangan bising.
D. Vertigo ditimbulkan karena situasi reseptor vestibutor dalam telinga
E. Bising yang tinggi dapat menimbulkan gangguan kesehatan.
                       



Bacalah paragraf berikut dengan saksama !

. . . Bising dapat menyebabkan berbagai gangguan seprerti gangguan fisiologis, gangguan psikologis, gangguan komunikasi dan ketuliaan. Ada  yang menggolongkan gangguannya berupa gangguan Auditory, misalnya gangguan terhadap pendengaran dan gangguan non Auditory seperti gangguan komunikasi, ancaman bahaya keselamatan, menurunnya performan kerja,stress, dan kelelahan.

14.    Kalimat yang tepat untuk melengakapi paragraph deduktif  tersebut adalah . . . .
A.  Suara merupakan bunyi yang keluar dari mulut seseorang.
B.  Bising merupakan suara atau bunyi yang mengganggu.
C.  Semua orang tidak suka mendengar kebisingan.
D.  Bising dapat menimbulkan penyakit gangguan saraf.
E.   Penyakit yang disebabkan bising sangat berbahaya.

Bacalah   paragraf  berikut dengan saksama !

Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata di Jawa Timur. Bentuk tubuh Gunung Bromo  bertautan  antara  lembah dan ngarai dengan  kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.  Setiap saat tampak berduyun-duyun wisatawan local maupun  mancanegara mengunjungi wilayah ini. Udara di sekitarnya terasa dingin menggigit sekujur tubuh. Saking dinginnya benda-benda di sekitarnya sulit dibedakan antara basah atau lembab. Menjelang subuh, kita dapat menikmati terbitnya matahari  dengan semburat merah yang muncul perlahan-lahan.  Dari sana kita juga dapat melihat lautan pasir dengan hiasan tiga serangkai  ( Gunung Bromo, Tengger dan Semeru ).

15.    Kalimat deskriptif  yang tepat untuk melengkapi paragraph  tersebut adalah . . . .
  1. Matahari sudah mulai meninggi, saatnya melihat dari dekat lautan pasir yang putih dan bersinar dengan silau.
  2. Ketika sampai di penginapan yang sudah tak jauh  dari  lokasi wisata Gunung Bromo, matahari telah bersembunyi.
  3. Malam telah larut,  angin berhembus menerpa tubuh kami yang kedinginan dan menggigil.
  4. Tampak pula, segerombolan kuda-kuda dengan joki-nya  berjalan perlahan-lahan menuju puncak Bromo.
  5. Saat itu, ramai sekali turis asing dan local, padahal bukan weekend dengan memakai jaket yang agak panjang.

Cermati kalimat-kalimat berikut dengan saksama!          

( 1 )  Pak  Sungkono  berjualan unggas dan ikan hias untuk menopang hidupnya.  ( 2 )  Ibu senang membudidayakan  bermacam-macam anggrek. ( 3 ) Kendaraan hilir mudik pada hari-hari libur bahkan sepeda juga ikut memadati ruas jalan di kota kami.  ( 4 ) Padi gogo sangat cocok di tanam di tanah tegalan sebab tidak memerlukan banyak air. ( 5 ) Kemeja yang dipakainya sangatlah serasi dengan warna celananya.

16.    Kalimat yang menggunakan kata umum dan kata khusus terdapat pada kalimat  nomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)




Cermati kalimat berikut !

Kami  sepakat untuk menguburkan  kenangan pahit itu.

17.    Kalimat yang menggunakan kata bermakna kias yang sama maknanya dengan  bercetak miring adalah . . . .
A.  Gadis itu selalu merenungi nasibnya yang malang.
B.  Gemawati  belum bisa melupakan peristiwa kelabu yang menimpa keluarganya.
C.  Sejak kemarin ia mengurung diri karena kecewa.
D.  Aku belum bisa mengetahui penyebab ia sakit hati.
E.   Kipper terlihat mati langkah sehingga ia tidak mampu menangkap bola.

Cermati paragraph berikut !

Bila kita mengambil suatu keputusan, sebaiknya     dulu. Apalagi dalam mengikuti Mode    sekarang.  Banyak anak remaja yang salah  . . .  dan mengambil keputusan mengikuti mode. Mereka tidak mau mendengar  . . .   siapa pun. Karena pengertian  … menurut mereka tidak memiliki konsep yang benar.

18.    Kata baku yang tepat untuk melengkapi bagian  yang rumpang dalam paragraph adalah . . . .   
A. dipikirkan, jaman, mentafsirkan, nasehat, , modern.    
B. dipikirkann,zaman , menafsirkan, nasihat, modern.
C. difikirkan, zaman, mentafsirkan, nasehat,  modern
D. difikirkan, zaman, menafsirkan, nasehat, mederen
E. Dipikirkan, jaman, menafsirkan nasihat, modern.    
                            
     
Lembaga hokum  saat ini masih jauh dari harapan masyarakat  walaupun sudah ada  . . .  Banyak  . . . hakim yang dianggap masyarakat tidak memenuhi rasa keadiln. Seperti yang terkait pembalakan liar. Ketidakediaan MA . . . oleh BPK dan adanya rekening liar  MA . . .  citra kurang baik. Komisi Yudisial yang tugasnya  mengawasi para hakim justru seorang anggotanya . . . kasus.

19.    Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian yangrumpang dalam paragraph tersebut  adalah . . . .
A.  Pemajuan, memutuskan, diperiksa, membawa, tersangkut.
B.  Kemajuan, keputusan,diperiksa,membawa,tersangkut.
C.  Kemajuan, keputusan, memeriksa, tertawa, tersangkut.
D.  Kemajuan, memutuskan, diperiksa, membawa, bersangkut.
E.   Pemajuan, keputusan, memeriksa, membawa, bersangkut.

Kondisi seperti ini, untuk memperoleh gagasan dan semangat baru, diperlukan kembali penggabungan energy mahasiswa dengan gerakan kelompok  lain, seperti petani dan buruh. Akan tetapi, sinergi ini dilakukan tidak untuk kepentingan elite politik tertentu. Segala yang dilakukan harus berada di atas rel

20.    Bahasa yang tepat untuk mengganti bahasa kias yang bergaris bawah dalam kutipan karangan  Ilmiah tersebut sehingga bermkna lugas adalah . . . .
A.  Memiliki wawasan
B.  Teguh pada pendirian
C.  Menurut  peraturan
D.  Memperkuat  keberadaan
E.   Tidak mudah goyah


Gerakan mencintai lingkungan hidup telah mulai menggejala di kalangan remaja. tidak  sedikit perkumpulan/ organisasi pecinta lingkungan tumbuh di sekolah-sekolah, baik SMP maupun SMA. Gerakan-gerakan nyata melakukan penyelamatan lingkungan, seperti gerakan tanam seratus/ seribu pohon sering dilakukan.     . . . .

21.    Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf  tersebut  adalah . . . .
A.  Jadi, dapatdikatakan bahwa dikalangan remaja saat ini telah meninggalkan budaya  tawuran .
B.  Jadi, dapat disimpulkan bahwa remaja sekarang suka membaca buku tentang penyelamatan lingkungan hidup.
C.  Jadi, dapat dikatakan bahwa kesadaran terhadap penyelamatan lingkungan hidup di kalangan remaja perlu dipupuk.
D.  Jadi, dapat dikatakan bahwa dikalangan remaja telah tumbuh kesadaran kecintaan terhadap lingkungan hidup.
E.   Jadi, dapat disimpulkan remaja sekarang tidak lagi merusak lingkungan.
           
Bacalah paragraph  deskripsi berikut dengan saksama!

 (1) Hanya helaan napas yang terdengar berat dan  panjang.  (2) Pak Sujono gelisah ejak tadi, perasaannya campur aduk. (3) Jangan-jangan, ketua yayasan telah tahu kalau dirinya suka menerima amplop dari orang tua murid. (4) Gajinya dibawa pulang untuk kebutuhan keluarga (5) Sebab, orang nomor satu di sekolah itu terkenal tegas, disiplin, dan menagungkan kejujuran dalam hidupnya.

22.    Kalimat yang tidak padu atau sumbang dalam paragraph tersebut adalah nomor . . . .
A.  (1)
B.  (2)
C.  (3)
D.  (4)
E.   (5)

Siang itu, matahari menyengat kulit. Seorang pria bertopi biru tua menaiki tanggalipat
Setinggi 2 m.   . . . . Di bawah tangga, pria lain bertopi merah menampung buah  dalam keranjang – keranjang plastic. Selesai di pohon pertama, mereka bergerak ke pohon lain yang  juga sarat akan buah.

23.    Kalimat yang sesuai untuk mengisi bagian rumpang dalam paragraph eksposisi tersebut adalah . . . .
A.  Pria itu bergelayutan di pohon setinggi 2 – 3 meter.
B.  Tak berapa lama, pria bertopi biru tua itu pun terjatuh dari tangga.
C.  Sejenak kemudian, ia turun mencari tangga lipat yang lebih tinggi.
D.  Dengan gunting tajam, tangannya cekatan memetik dompolan lengkeng yang bergelayut di pohon setinggi 2- 3 meter.
E.   Pria itu membawa gunting tajam untuk mencari buah lengkeng yang bergelayutan di pohon setinggi 2 – 3 meter.

Air sungai mengalir    dengan perahu  kecil, kami menyeberangi sungai itu. Sungai itu    dasar sungai  . . . Yang terlihat hanya permukaan air    kekeruhan airnya mengeluarkan bau   . .

24.    Frasa adjektiva yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada paragraph tersebut    adalah  . . . .
A.    Sedikit deras, sungai lebar, sangat dalam, sedikit keuh, agak busuk.
B.     Deras sekali, yang lebar, sangat dalam, sangat keruh, yang buruk.
C.     Deras sekali, sangat lebar, sedikit dalam, sangat keruh, agak busuk
D.    Sedikit deras, yang lebar, sedikit dalam, sedikit keruh, yang busuk
E.     Deras sekali, sangat lebar, sangat dalam, sangat keruh, agak busuk.
Tabel berikut untuk menjawab soal nomor 25 dan 26. Bacalah dengan cermat!

SUBSIDI PERUMAHAN  2005-2009

Tahun
Anggaran
Alokasi
Realisasi
Unit
Subsidi
Unit
Subsidi
2005
72.000
252.00
52.311
110. 04
2006
74.000
252.00
61.973
251.84
2007
36.641
300.00
51.420
299.99
2008
150.652
800.00
131.655
799.98
2009
392..088
2.503.00
263.563
777.79

25.    Pernyataan yang sesuai dengan  isi tabel tersebut adalah ...
A.  Tahun Anggaran 2009 realiaasi subsidi perumahan lebih kecil dibanding tahun 2006 .
B.  Realisai subsidi perumahan  tahun anggaran 2008 sama besar dengan tahun 2009.
C.  Alokasi jumlah unit perumahan tahun anggaran 2007 sebanding dengan tahun 2005.
D.  Tahun Anggaran 2005 alokasi subsidi perumahan lebih kecil daripada tahun 2007 .
E.   Tahun  anggaran 2006 alokasi unit perumahan lebih banyak daripada tahun sebelumnya.

26.    Simpulan yang sesuai dengan isi data tabel tersebut adalah.........
A. Pemerintah menganggarkan dana untuk perumahan rakyat. 
B. Adanya peningkatan subsidi perumahan setiap tahun.
C. Pemerintah setiap tahun  memberikan subsidi perumahan
D. Terjadinya penurunan subsidi perumahan bagi masyarakat.
E.   Pemerintah mengalokasikan dana untuk subsidi rumah

Bacalah dialog berikut dengan saksama!

Kepala Sekolah :  Keadaan  kantin sekolah  kita ditinjau dari kesehatan kurang 
                             memadai. Kira-kira bagaimana pendapat Bapak dan Ibu semua?
Pak Zainal         :  Memang benar, kantin sekolah kita tampak gelap dan tidak mempunyai kran air untuk pencuci piring di tiap kios. Karena itu perlu direnovasi dengan menggati atapnya dan tiap kios dipasang kran air.
Ibu Susi             : saya setuju dengan pendapat Pak Zainal, tapi bagaimana dengan biayanya? Saya pikir tidak cukup sedikit.
Pak Zaenal         : Masalah biaya pakai saja uang koperasi. Kita tahu setiap bulan ada pemasukan dari kantin ke koperasi.
Ibu Susi              : kalau begitu saya setuju.

27.    Rangkuman dialog tersebut yang tepat adalah …
A.  Kantin sekolah harus diganti atapnya agar tidak gelap.
B.  Setiap kios di kantin sekolah harus dipasang kran air,
C.  Kantin sekolah perlu direnovasi dengan biaya dari koperasi.
D.  Koperasi akan mengeluarkan biaya untuk membangun kantin,
E.   Kantin sekolah akan dibangun dengan biaya yang tidak sedikit.










Cermati paragraf   berikut !

     Gerakan Jumat bersih sudah berjalan baik dilingkungan kami. Tampak pemandangan di beberapa kecamatan  di lingkungan kami, bersih dan asri. Terasa, lingkungan menjadi indah dan nyaman. Dengan demikian,  lingkungan pun terhindar dari berkembangnya . . .  penyakit dan bakteri berbahaya. Terbukti kini penduduk sudah menyadari . . . kesehatan. Mereka juga telah menerapkan . . . tong sampah basah dan kering di halaman rumahnya.

28.    Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah . . . .
A. virus, hakikat, sistim
B. pirus, hakekat, sistym
C. virus, hakika, sistem
D. pirus, hakekat, system
E. Virus, hakikat, sistim
                       
Cermatilah paragraf analogi berikut !

     Untuk menulis sebuah novel atau roman, kita perlu  merancang alur atau plotnya sebagai kerangka. Begitu juga untuk membuat sebuah mobil, kita perlu membuat kerangka agar mobil itu kuat.
     Alur atau plot kemudian dikembangkan menjadi sebuah cerita yang utuh. Kerangka mobil yang sudah ada harus dibangun agar  menjadi sebuah mobil. Pembuat novel atau roman biasanya menuliskan namanya di novel atau roman jika sudah selesai. Begitu juga pembuat mobil akan mencamtumkan nama atau merek di mobil tersebut.

29.    Kesimpulan  analogi  yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah . . . .
A.    Pembuat novel atau roman pasti mencamtumkan namanya di novel.
B.     Novel atau roman sama dengan mobil, yaitu ada kerangkanya.
C.     Mobil sama dengan novel atau roman, yaitu sama-sama dibuat orang.
D.    Menulis novel atau roman seperti orang membuat mobil.
E.     Menulis novel atau roman tidak sama dengan membuat mobil.
                       
Cermati silogisme berikut !

Premis Umum : Guru Bahasa Indonesia yang krestif sering meminta siswanya  
                          melaporkan berbagai isi buku perpustakaan yang telah dibaca.
Premis Khusus: . . .
Kesimpulan     :  Bu Sri Mulyati sering meminta siswanya melaporkan berbagai isi buku
    perpustakaan yang telah mereka baca.

30.    Pernyataan khusus yang sesuai dengan silogisme di atas adalah . . . .
A.    Sebagai guru yang kreatif, Bu Sri Mulyati tentu sering meminta siswanya melaporkan  berbagai isi buku perpustakaan yang telah dibaca.
B.    Bu Sri Mulyati sering meminta siswanya melaporkan berbagai isi buku perpustakaan yang telah dibaca karena dia kreatif.
C.    Semua guru Bahasa Indonesia kretif.
D.    Bu Sri Mulyati adalah guru Bahasa Indonesia yang kreatif.
E.     Guru Bahsa Indonesia sering meminta siswanya melaporkan berbagai isi buku    perpustakaan yang telah dibaca, termauk Bu Sri Mulyati                     






Cermatilah  kalimat – kalimat berikut.

      (1) Menurut Kepala Kantor Wilayah Pekerjaan Umum Jakarta, banjir disebabkan Terbatasnya kemampuan sarana pengendalian banjir di DKI Jakarta.  (2) Banjir kembali melanda sebagian besar wilayah  DKI.  (3) Keterbatasan sarana itu disebabkan oleh usia sebagian pompa yang sudah  tua. (4) Pompa-pompa yang tersedia, ditambah pompa-pompa tua, tidak mampu menangani  penormalan sejumlah sungai. (5) Selain itu, juga akibat kurangnya pemeliharaan waduk yang ada karena terbatasnya anggaran.

31.    Urutan kalimat yang tepat untuk di jadikan paragraf yang padu adalah . . . .
A. (1), (2), (3), (4) dan (5)
B. (1), (3), (4), (5) dan (2)
C. (2), (1), (3), (4) dan (5)
D. (2), (4), (1), (3) dan (5)
E. (4), (2), (1), (5) dan (3)

Cermatilah kalimat penutup surat lamaran kerja berikut !

Besar  harapan saya untuk dapat diterima bekerja pada perusahaan Saudara. Atas budi baik serta perhatian Saudara saya mengucapkan banyak terima kasih.

32.    Perbaikan yang tepat kalimat yang tercetak miring pada kutipan surat tersebut adalah . . .
A. Karena itu, perkenankan sebelumnya saya menghaturkan terima kasih.
B. Untuk itu semua, saya mengucapkan terima kasih banyak.
C. Saya mengucapkan terima kasih atas perhatiannya saudara itu.
D. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan ribuan terima kasih.
E. Atas perhatian Saudara, saya mengucapkan terima kasih.

Cermati penggalan pidato berikut !

Para siswa yang berbahagia!
Masa remaja adalah masa yang penuh harapan. Di sisi lain, masa remaja adalah masa-masa labil dan mudah terpengaruh oleh lingkungan. Terlebih lagi, remaja masih bisa dicetak menjadi apa saja.
Oleh sebab itu, potensi remaja tersebut harus dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. Jika tidak, akibatnya  akan sangat fatal bagi kehidupan masa depan mereka.
………………………………….

33.    Kalimat ajakan yang terdapat dalam pidato tersebut adalah . . . .
A. Masa remaja adalah masa yang penuh harapan.
B. Masa remaja adalah masa yang labil dan mudah terpengaruh oleh lingkungan.
C. Remaja masih bisa dicetak menjadi apa saja.
D. Potensi remaja harus dimanfaatkan untuk hal-hal positif.
E. Akibat fatal dari kehidupan remaja pada masa depan. 
           
Cermati kalimat berikut !

Damar  Lazuardi menyatakan rasa syukurnya karena  dirinya terpilih menjadi ketua OSIS setelah panitia melakukan perhitungan suara.

34.    Klausa  atasan kalimat tersebut adalah . . . .
A. Damar Lazuardi menyatakan rasa syukurnya.
B. Dirinya terpilih menjadi ketua OSIS
C. Panitia melakukan perhitungan suara.
D. Damar Lazuardi menjadi ketua OSIS
E. Damar Lazuardi bersyukur menjadi ketua OSIS
Cermati Kalimat  berikut!

Gemawati Permata Sari   itu murid SMA 3 Bandung  yang mewakili  Jawa Barat, berhasil   memenangkan lomba pidato.

35.    Klausa nominal dalam kalimat tersebut adalah . . . .
A.    Gemawati Permata Sari itu murid SMA 3 Bandung  .
B.     Gemawati Permata Sari itu mewakili Jawa Barat.
C.     Gemawati Permata Sari itu berhasil memenangkan lomba.
D.    Gemawati Permata Sari itu  menang lomba resensi.
E.     Gemawati Permata Sari itu  berhasil mewakili Jabar.


 
A.    Latar  Belakang   Masalah
Bagaimana kehidupan masyarakat kita ke depan, jika persoalan sampah tidak segera diselesaikan ? Permasalahan sampah  bukan hanya berdampak pada  persoalan lingkungan, tetapi  juga telah menimbulkan kerawanan social dan bencana kemanusiaan. Berbagai kasus, seperti di Bantargebang,  Bojong Gede, dan leuwigajah, mengingatkan kita bahwa persoalan sampah bukanlah hal yang sepele.


36.    Rumusan masalah yang paling tepat sesuai dengan latar belakang di atas adalah . . . .
A. Apakah sampah menyebabkan berbagai masalah ?
B. Di manakah kasus yag pernah terjadi akibat persoalan sampah ?
C. Mengapa sampah dapat mengakibatkan persoalan ?
D. Mengapa persoalan sampah bukanlah hal yang sepele ?
E. Bagaimanakah contohnya bahwa sampah dapat menimbulkan persoalan lingkungan ?
                       
Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!

(1) Banyak sarjana yang tidak mendapat pekerjaan yang sesuai dengan ijazahnya.
(2) Para ustad sedang  mendengar ceramah yang disampaikan oleh Kiayi Haji Atobrya.
(3) Menonton bola melalui pesawat televise lebih enak daripada langsung berdesak-desakan.
(4) Kita sebaiknya menyumbang saudara-saudara kita yang terkena musibah Gunung Merapi.
(5) Ibu-ibu yang melahirkan diharapkan menyusui tahun. 

37.    Kata   yang mengalami penyempitan makna terdapat dalam kalimat nomor . . . .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)  

Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan saksama !

     (1) Pada akhir bulan Desember kedua pasangan pengantin itu berbulan madu ke Bali.
     (2) Cabang pohon itu menimpa atap kantor Cabang BRI.
     (3) Tini kesebelasan Serang diserang tim Kesebelasan Tangerang.
     (4) Dikecapnya kecap yang meleleh di bibir botol itu.
     (5) Bang Hanafi selalu menyimpan uang di bank.

38.    Kata  berhomonin terdapat pada kalimat nomor . . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
39.    Suporter melihat sendiri pemain telah bekerja keras di lapangan dan menerima kegagalan itu . .

Klausa yang tepat untuk melengkapi kalimat majemuk tersebut adalah . . . .
A.  Karena telah bersikap sportif dan tidak menciptakan kerusuhan.
B.  Karena tahu tidak ada  yang salah dengan  tim nasional Indonesia.
C.  Sehingga mendapat apresiasi tinggi dari berbagai  kalangan.
D.  Karena semua ini warga Jakarta dan Indonesia berniat baik.
E.   Karena momen itu sebagai kunci kegagalan menjadi juara.

Perhatikan paragraph berikut !

Setiap malam, berpuluh ribu tikus menyerbu desa-desa di kecamatan Pracimantoro.Segala macam tanaman, sampai kepada pohon  petai cina yang sudah tua, habis digerogoti tikus. Binatang piaraan seperti  ayam, kambing, dan sapi, tidak luput dari serangan tikus yang ganas itu, apalagi bahan makanan. Memang itu yang dicari. Habis tndas ditelan tikus. Bahkan, penduduk beberapa desa terpaksa diungsikan karena ketakutan. Sampai sekarang, masih ada orang yang tidak mau pulang ke kampong halamannya.

40.    Kalimat yang sesuai untuk menutup paragraph induktif di atas adalah . . . .
A. Itu baru di Pracimantoro.
B. Di wilayah lain demikian pula adanya.
C. Nah, sekarang saya baru tahu kisahnya.
D. Bahkan mereka takut pulang ke kampong halamannya.
E. Memang mengerikan sekali serangan tikus di Wonogiri pada saat itu.
     
Cermatilah kata yang bercetak miring dalam kalimat berikut!

1.      Dari Surabaya ayah naik pesawat terakhir.
2.      Siswa kelas 12 IPB gemar membeli buku bacaan.
3.      Sebentar lagi sekolah akan membuat tangga berjalan.
4.      Rumah mungil itu milik pengarang novel.
5.      Jamu sering dikonsumsi oleh pemain sepakbola. 

41.    Kalimat-kalimat yang menggunakan frase atributif berimbuhan adalah nomor ….
A.    (1), (2), dan (3)
B.     (1), (3), dan (4)
C.     (2), (3), dan (4)
D.    (3), (4), dan (5)
E.     (1), (2), dan (5)

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

(1) Aku sangat mengagumi gadis itu.
(2) Siang itu dia datang ke rumahku.
(3) Kami memandangi hamparan hijau dari kejauhan.
(4) Pemerintah membangun sarana umum.
(5) ketika  itu ia sakit

42.    Kalimat tunggal yang berpola sama terdapat pada nomor ....
A. (1) dan (4)
B. (1) dan (2)
      C. (3) dan (5)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
           
43.    Kata-katanya pedas dan menyakitkan hati.

Kalimat berikut yang mengalami perubahan makna sinestesia seperti kalimat di atas adalah ...
A.  Wajah kekasihnya yang manis itu membuat ia semakin mencintainya.
B.  Ia menegur seniornya yang terkenal galak dan congkak.
C.  Pelayan restoran itu terkenal murah senyum dengan para pembeli.
D.  Mendengar kabar itu, langkahnya bagaikan kilat di siang hari.
E.   Gerhana tariannya lemah gemulai.


44.    Anak itu menangis terisak-isak karena layang-layangnya robek.

Klausa utama dari kalimat majemuk di atas adalah ....
A. karena layang-layangnya robek
B. anak itu menangis
C. anak itu menangis terisak-isak
D. anak itu terisak-isak
E. layang-layangnya robek


45.    Gadis itu bermain piano

Kalimat berikut yang sepola dengan kalimat di atas adalah ...
A.  Mereka memarahi anak-anak itu.
B.   Dia telah mengkhianati kekasihnya.
C.   Pemuda itu telah mencuri hatinya.
D.   Tetangga kami berjualan pakaian.
E.    Paman meminjamkan bajunya.

46.    Pemukiman kumuh yang terletak di spanjang kali Sunter mulai ditertibkan oleh  aparat..

Imbuhan pe-an dalam kalimat tersebut sama maknanya dengan imbuhan ke-an dalam kalimat …
A.    Begitu beragam kesenianyang berasal dari daerah Kalimantan
B.     KPK gencar melakukan pemeriksaan terhadap kekayaanpara pejabat.
C.     Pemerintah membahas kemungkinanpenurunan bahan bakar minyak (BBM).
D.    Kedutaan Australia tidak lagi dijaga ketat seperti dulu.
E.     Aksi puluhan warga dijalan itu menimbulkan kemacetan sepanjang 300 meter.

Cermati teks dialog berikut ! 

Dido          : (1) Ton, penampilan grup bend sekolah kita kemarin sangat bagus.
Anton        : (2) Benar sekali katamu,aku suka sekali dengan suara emas vokalisnya.
Dido          : (3) Melihat mereka, aku …jadi teringat dengan pecahnya grup band kita.
Anton        : (4) Ya…aku juga memikirkan hal itu.
Dido          : (5) Tapi…. kita jangan menoleh ke belakang, kita harus berpikir ke depan.

47.     Kalimat yang menggunakan kata bermakna konotatif dalam teks tersebut adalah nomor ….
A.    (1), (2), dan (3)
  1. (1), (2), dan (4)
  2. (2), (3), dan (5)
  3. (2), (4), dan (5)
  4. (3), (4), dan (5)



Cermati kutipan surat lamaran berikut!


 
Adapun kualifikasi saya sebagai berikut, ...

48.    Penulisan pemerian identitas yang paling tepat untuk melanjutkan kutipan surat lamaran kerja  tersebut adalah....
A.    nama                            : Megawati Suharsono Putri   
      tempat, tanggal lahir  : Yogyakarta, 5 Juni 1981
      alamat                          : Jl. Ahmad jazuli, Yogyakarta
      pendidikan terakhir     : S1, tahun 2000

B.     Nama                           : Megawati Suharsono Putri
      Tempat, tanggal lahir  : Yogyakarta, 5 juni 1981
      Alamat                        : Jln. Ahmad jazuli, Yogyakarta
      Pendidikan terakhir    : S1, tahun 2000

C.      nama                           : Megawati Suharsono Putri
       tempat, tanggal lahir  : Yogyakarta, 5 Juni 1981
       alamat                         : Jalan Ahmad Jazuli, Yogyakarta
       pendidikan terakhir    : S1, tahun 2000

D.     Nama                          : Megawati Suharsono Putri
       Tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 5 Juni 1981
       Alamat                       : Jalan Ahmad Jazuli, Yogyakarta
       Pendidikan terakhir   : S1, tahun 2000

E.     nama                            : Megawati Suharsono Putri
      tempat, tanggal lahir               : Yogyakarta, 5 Juni 1981
      alamat                          : Jl, Ahmad Jazuli, Yogyakarta
      pendidikan terakhir     : S1, tahun 2000

Cermatilah silogisme berikut !

                        PU  :  Setiap siswa yang pandai akan mendapat bea siswa
                        PK       : ……….
                        K         : Hari Prasodjo Kusumo akan mendapat bea siswa

49.    Kalimat yang tepat untuk mengisi permis khusus di atas adalah …
      A.  Siswa yang pandai akan mendapat bea siswa
      B.  Yang mendapat bea siswa, siswa yang pandai
      C.  Siswa yang pandai Hari Prasodjo Kusumo
      D.  Hari Prasodjo Kusumo siswa yang pandai
      E.   Bea siswa diperuntukan siswa yang pandai
     
Cermatilah silogisme berikut !
                        PU  :  Semua hewan langka  dikarantinakan oleh pemerintah
                        PK  :  Harimau Sumatra termasuk hewan langka
                        K     : Harimau Sumatra  dikarantinakan oleh pemerintah







50.    Entimem yang tepat untuk silogisme tersebut adalah …
A.    Hariamau Sumatra dikarantinakan pemerintah karena termasuk hewan langka.
B.     Hariamau Sumatra dikarantinakan pemerintah dan termasuk hewan langka.
C.     Hariamau Sumatra dikarantinakan pemerintah sehingga termasuk hewan langka.
D.    Karena termasuk hewan langka maka hariamu Sumatra dikarantinakan oleh pemerintah.
E.     Karena termasuk hewan langka sehingga haraimau Sumatra harus dikarantinakan

51.    Kalimat latar belakang makalah dengan topk Perilaku Menyimpang pada Kalangan Remaja yang paling tepat adalah ....
A.    Masa remaja awal merupakan masa transisi, yang biasa disebut dengan usia belasan, masa yang tidak menyenangkan, terjadi juga perubahan pada dirinya baik secara fisik, psikis, maupun secara sosial

B.     Perilaku menyimpang masalah sosial terjadi karena terdapat penyimpangan perilaku dari berbagai aturan-aturan sosial ataupun dari nilai dan norma sosial yang berlaku.

C.     Perilaku menyimpang dapat dianggap sebagai sumber masalah bagi remaja karena dapat membahayakan tegaknya sistem sosialberdasarkan perubahan perilaku remaja.

D.    Perlu membedakan adanya perilaku menyimpang yang tidak disengaja dan yangdisengaja, di antaranya karena pelaku kurang memahami aturan-aturan yang ada,perilaku menyimpang yang disengaja, bukan karena pelaku tidak mengetahui aturan.

E.     Hal yang relevan untuk memahami bentuk perilaku tersebut, adalah mengapa seseorang melakukan penyimpangan, padahal ia tahu apa yangdilakukan melanggar aturan

Cermati paragraf  berikut!

Dalam karya tulis ini, penulis  akan memaparkan bagaimana cara yang efektif yang dapat memudahkan siswa mempelajari rumus-rumus matematika. Penulis tergelitik untuk membahasnya karena ingin mengubah anggapan sebagian siswa bahwa pelajaran matematika tersebut aadalah pelajaran yang sangat sulit.

52.    Kata tergelitikdalam kutipan terbut dapat diganti dengan kata bermakna lugas yang tepat       adalah ….
  1. tersentuh
  2. terjun
  3. tergerak                                                          
  4. terpikat
E.     tergiur 
.    

Cermati kalimat-kalimat berikut!

(1)  Digunakannya bahasa yang efektif memungkinkan komunikasi penulis dan pembaca berjalan lancar.
(2)   Memang, bahasa merupakan alat komunikasi yang paling efektif.
(3)   Tidak ada alat yang lebih baik daripada bahasa untuk mengungkapkan jiwa  seseorang.
(4)   Oleh sebab itu, harus memperhatikan isi ,alur, susunan cerita, sudut pandang, dan sebagainya bahasa sebagai alat pengungkapannya harus diperhatikan.
(5)   Diusahakan agar apa yang disampaikan dapat diterima oleh pembaca.

53.    Urutan yang paling tepat kalimat tersebut sesuai paragraf induktif adalah …. 
  1. (1), (2), (3), (4), dan (5)
  2. (2), (3), (1), (4), dan (5)
  3. (3), (1), (2), (4), dan (5)
  4. (3). (1), (5), (4), dan (2)
  5. (3), (4), (5), (1), dan (2)

Cermati paragraf  berikut!

Lengkingan kereta api … ke suluruh lokasi stasiun. Saat itu beberapa orang siswa berlarian ke atas kereta tersebut karena bunyi pluit yang … pertanda kereta akan berangkat meninggalkan stasiun menuju Serpong.
54.    Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….  
  1. kedengaran - dilengkingkan 
  2. mendengar - melengking
  3. terdengar - melengking 
  4. didengar - melengkingkan
  5. pendengaran - terlengking

.Cermati paragraf  berikut!
Taman ini sungguh asri dan nyaman. Tanaman yang tumbuh menyejukkan mata dan jiwa. Lebih-lebih tanaman bunga yang berada di depan pintu masuk, sangat indah dipandang. Aneka bunga berwarna-warni tumbuh di tempat itu.Kupu-kupu yang berterbangan menambah keindahan dalam taman ….
                                                                                                 
55.    Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah ….
  1. Suara gemercik air mancur merdu dan menyejukkan hati.
  2. Deru bus kota menambah suasana ramainya taman itu.
  3. Kendaraan parkir dengan berbanjar-banjar teratur rapi.
  4. Seruling merdu menambah indahnya suasana taman
  5. Kicauan burung melengkapi semaraknya indahnya taman.
 Cermati paragraf  berikut!
Siang itu aku sedang duduk santai di sofa empuk di dalam apotek milikku yang baru saja dibuka. Apotek ini adalah impianku sejak aku kuliah di Farmasi dulu. Sekarang aku memandang puas pada usahaku selama ini. Aku bisa mendirikan apotek di kota kelahiranku. Apotek ini cukup luas, beberapa rak besar tempat obat-obatan berjejer rapi dengan kemasan-kemasan obat warna-warni yang disusun menurut khasiat obatnya. Pandangan saya tertuju pada rak buku di pojok ruangan yang berisi buku-buku tebal. Kuambil satu buku yang disampulnya tertulis Informasi Spesialis Obat atau yang biasa disebut kalangan farmasi dengan buku ISO. Setelah ku pandangi aku tersenyum dan mengembalikannya ke tempat semula. Aku memandang lagi secara keseluruhan apotek ini, sebuah televisi 14 inci dan sebuah komputer di meja kasir. Hembusan angin dari AC membuat udara terasa . . . di bulan Januari yang panas ini.

56.    Frasa adjektif yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf deskripsi tersebut adalah ....
  1. agak hangat
  2. sejuk sekali 
  3. sedikit nyaman
  4. agak semilir
  5. sedap sekali

Cermati paragraf  berikut!

Semut merupakan sosok binatang yang memiliki kesetiakawanan. Ia senantiasa bergotong royong dalam kehidupannya. Dapat dikatakan bahwa semut tidak memiliki rasa individualis. Jika ia menemukan makanan yang manis-manis, ia akan segera memberitahu teman-temannya. Kehidupannya tampak rukun dengan sesamanya. Demikian pula dengan manusia, kehidupan manusia  akan senantiasa rukun jika memiliki kesetiakawanan ….

57.    Simpulan yang sesuai untuk analogi tersebut adalah ….

  • A.    Semut  yang tolong-menolong gambaran kehidupan manusia bergotong royong. 
  • B.     Semut sama seperti manusia dapat hidup rukun dengan memiliki  kesetiakawanan. 
  • C.     Semut selalu rukun  seperti manusia juga selalu berusaha rukun dalam hidupnya. 
  • D.    Kesetiakawanan semut perlu ditiru oleh manusia agar dapat hidup rukun. 
  • E.     Kesetiakawanan semut sama dengan kesetikawanan manusia dalam masyarakat.


Perhatikan paragraf narasi yang rumpang berikut dengan saksama!

Kami berempat baru saja turun dari kereta api di stasiun Palmerah, Jakarta Selatan. Kami berasal dari kampung dan masing-masing menenteng sebuah tas sederhana berwarna gelap. Eh, begitu keluar dari stasiun, kami digeledah di sekitar gedung MPR/ DPR yang memang letaknya dekat stasiun. ... . Akhirnya, polisi menangkap saya dan membawa ke markas.

58.    Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah …
A.  Kami dibawa ke gedung MPR/DPR untuk diwawancarai oleh mereka.
B.  Polisi menemukan sejumlah golok baru untuk dijual dalam tas kami.
C.  Di sekitar stasiun memang rawan dan sering tejadi tindak kejahatan.
D.  Keluar stasiun memang harus digeledah, kalau-kalau membawa bom.
E.   Polisi tergakum melihat benda yang ada dalam tas dan dompet kami.

Perhatikan kalimat-kalimat berikut dengan saksama!

(1)     Padahal, kelengkapan buku dan akses informasi akan sangat mendukung perkembangan siswa di sekolah.
(2)     Hal itu terlihat sekolah yang belum memiliki perlengkapan perpustakaan sebagaimana mestinya masih banyak.
(3)     Saat ini perpustakaan dan fasilitas lainnya, dalam kondisi seadanya.
(4)     Said menilai, saat ini penguasaan terhadap bahasa asing sudah menjadi tuntutan zaman sehigga diperlukan laboratorium bahasa yang representatif.
(5)     Belum lagi masalah sarana dan prasarana, seperti gedung olahraga, kesenian, dan laboratorium bahasa.

59.    Urutan kalimat tersebut agar dapat menjadi paragraf padu adalah ….

  • A.    (1), (2), (3), (4), (5) 
  • B.    (2), (1), (3), (5), (4) 
  • C.    (3), (5), (2), (1), (4) 
  • D.    (4), (5), (1), (2), (3) 
  • E.     (5), (4), (3), (2), (1)

Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Membaca kreatif akan memberikan banyak manfaat dalam berbagai bidang. Misalnya, dengan membaca wacana tentang ilmu pengetahuan . pembaca akan dapat menerapkan pengetahuan baru yang diperolehnya untuk mengembangkan karier atau meningkatkan kemampuan dalam berbagai bidang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Banyak hal tidak akan terjadi pada seorang pembaca, di antaranya pembaca mampu menerapkan hasil membacanya untuk kehidupan sehari-hari.

60.    Perbaikan kalimat yang tercetak miring sehingga menjadi kalimat yang kohesif dan koheren  adalah ….
A.    Banyak hal akan terjadi pada seorang pembaca kreatif
B.    Banyak hal tidak akan terjadi bagi pembaca
C.    Banyak hal akan terjadi bagi pembaca
D.    Banyak hal yang akan terjadi, bagi pembaca
E.     Banyak hal yang akan terjadi bagi pembaca kreatif.

Download File dalam format FDF DI SINI




Direkomendasikan :

BAHAN PERSIAPAN UN 2013
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPS
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPA
SOAL TRY OUT UN SMP
SOAL TRY OUT UN SD


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar